42 PTN Terkoneksi dengan Perpustakaan Nasional

Kamis, 22 Maret 2018 – 18:07 WIB
Workshop Kepustakawanan, Penandatangan MoU dan Rakernas FKP2TN. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, PANGKALPINANG - Sebanyak 42 perguruan tinggi negeri (PTN) resmi terkoneksi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Dengan demikian seluruh dosen dan mahasiswa bisa mengakses seluruh buku, jurnal yang ada di Perpusnas maupun 42 PTN.

BACA JUGA: Ubah Paradigma, Dikotomi PTS dan PTN Harus Dihilangkan

Kepala Perpusnas RI M Syarif Bando mengatakan, 42 perpustakaan PTN ini punya aplikasi masing-masing tapi tidak bisa terkoneksi satu sama lain.

Melalui Perpusnas dengan aplikasi INLISLite maka aplikasi apapun yang dipakai perpustakaan PTN lainnya akan bisa dimigrasikan datanya.

BACA JUGA: YAKINLAH! Perguruan Tinggi Asing Tidak Akan Mengancam PTN

"Nanti yang di Bangka Belitung ingin mengakses perpustakaan di Universitas Cendrawasih Monokwari, UGM Jogjakarta, Unibraw Malang bisa dilakukan dengan menjadi anggota online Perpusnas," kata Syarif di sela-sela MoU antara Perpusnas dan Kementerian Riset Teknolog dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Pangkalpinang, Kamis (22/3).

Perpusnas lanjutnya, akan difasilitasi Indonesia OneSearch (IOS) untuk bisa masuk ke dalam aplikasi yang berlaku secara nasional dan bisa membaca apa saja di sana.

BACA JUGA: Dana Riset 2018 Rp 1,29 Triliun Terbanyak untuk PTN

Ketika Perpusnas memiliki 4 juta koleksi, misalnya UGM punya 2 juta, Universitas Airlangga punya 1 juta, Universitas Brawijaya 2 juta, ini digabungkan menjadi suatu milik bangsa, maka akan jadi kekuatan baru.

"Kami ingin membangun SDM yang memiliki daya saing, baik di dalam negeri maupun antarbangsa. Sehingga Indonesia bisa memainkan perannya sebagai negara maju. Bukan hanya kaya sumber daya alam saja tapi juga daya saing SDM-nya dengan kemampuan teknologi yang berbasis perpustakaan," bebernya.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im mengungkapkan, dengan kerja sama antara 42 PTN dengan Perpusnas akan menguntungkan bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Dia berharap semakin banyak PTN yang mau terkonektivitas dengan Perpusnas.

"Di Indonesia ada 4.000-an PT, kalau semua bersinergi, jejaringnya makin kuat dan lebih efisiensi. Mudah-mudahan langkah 42 PTN ini bisa diikuti perguruan tinggi lainnya," tandasnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dana Riset PTN Naik 22 Persen


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler