4,5 Hektar Ladang Ganja Ditemukan di Pegunungan Tor Sihite

Minggu, 02 September 2018 – 13:21 WIB
Petugas mencabuti pohon ganja yang ditemukan di Pegunungan Tor Sihite. Foto: pojoksatu

jpnn.com, MADINA - Tim gabungan BNN, Kepolisian dan TNI menemukan ladang ganja seluas 4,5 hektar di Pegunungan Tor Sihite, Kabupaten Madina, Sumatera Utara.

Ladang ganja itu ditemukan di dua lokasi kawasan Pegunungan Tor Sihite Dusun Banjar Julu, Desa Banjar Lancar, Kecamatan Panyabungan Timur.

BACA JUGA: Ini Pengakuan Zai Si Pemerkosa Mayat Perempuan di Madina

Atas penemuan itu, aparat langsung memusnahkannya dengan cara dicabut lalu dibakar.

“Ladang ganja yang ditemukan tim gabungan total keseluruhan 4,5 hektar,” ungkap Direktur Narkotika Bidang Pemberantasan BNN RI Brigjen Viktor J Lasut, Jumat (31/8/3018).

BACA JUGA: Pria Ini Akui Sempat Setubuhi Mayat Korban Setelah Dibunuh

Disebutkannya, dari total 4,5 hektar ladang ganja tersebut sebanyak 3 hektar siap panen. Sedangkan 1 hektar sudah dipanen dan setengah hektar lagi baru ditanam.

“Penemuan ini berdasarkan pengembangan petugas BNN atas informasi warga. Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan pengembangan hingga akhirnya ditemukan pada tiga titik yang berbeda.

BACA JUGA: BNN Musnahkan Tanaman Ganja Seluas 10,5 Hektare di Aceh

“Jika dikonversi, hasil tanaman ganja tersebut berjumlah 122,5 ton ganja basah,” sebut Viktor.

Ia mengaku untuk menuju ladang ganja itu, petugas gabungan harus menuju medan yang terjal dan berat. Sebab, harus mendaki di perbukitan dengan memakan waktu sekitar 5 jam.

“Ladang pertama kita temukan 1 hektar. Lalu kedua 2,5 hektar dan ketiga 1 hektar yang sudah siap panen,” paparnya.

Viktor menambahkan, atas penemuan itu pihaknya masih mendalami dan mengembangkan kasusnya untuk mengetahui siapa pemilik ladang ganja tersebut.

“Penemuan ini bukan pertama kalinya, karena sebelum-sebelumnya pernah ditemukan,” tukasnya.

Ini sejatinya bukan yang pertama, tahun 2016 Prajurit TNI AD Yonif Raider 100/PS juga menemukan ladang ganja seluas dua hektar di Desa Pardomuan Kec Panyabungan Timur Kab Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Penemuan ladang ganja ini terungkap saat prajurit Yonif Raider 100/PS menggelar kegiatan Uji Siap Tempur (UST) di wilayah pegunungan Tor Sihite Kab Madina.

Selanjutnya, Maret tahun 2018 ditemukan tanaman ganja sebanyak 25 ribu batang dengan tinggi 80 sampai dengan 2 meter dengan tersangka Zul yang ditangkap saat melakukan pemanenan tanaman ganja pada kebun tersebut. (fir)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemuda asal Linggabayu Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler