5 Berita Terpopuler: Beda PPPK & PNS Jelas, tetapi Bukan jadi Nomor Dua, kok, Simak RPP Manajemen ASN

Jumat, 26 April 2024 – 06:46 WIB
PPPK dan PNS sama-sama ASN. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Kamis (25/4) tentang PPPK dan PNS jelas berbeda, apa kabar RPP Manajemen ASN, hingga Sesmenpora menegaskan PPPK bukan ASN nomor dua. Simak selengkapnya!

1. PPPK Punya Hak & Tanggung Jawab sama dengan PNS, tetapi Bedanya Jelas

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Pemerintah Buka Data yang Bikin Kaget, Semoga Sisa Honorer Diangkat ASN

Hak, tugas, dan tanggung jawab Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Demikian dikatakan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro dalam keterangannya seusai membuka kegiatan orientasi PPPK di Bogor.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: PPPK Tak Perlu Khawatir, Wakil Rakyat Punya Solusi soal Penempatan Guru, Pertama dalam Sejarah

Gunawan menjelaskan, PPPK dan PNS sama-sama dipayungi oleh Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang salah satunya mengatur terkait jaminan pensiun.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kabar Buruk soal Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK Tersiar, Ada Demo, Tolong Tuntaskan Honorer!

PPPK Punya Hak & Tanggung Jawab sama dengan PNS, tetapi Bedanya Jelas

2. Apa Kabar RPP Manajemen ASN? Honorer & PPPK Ajukan 5 Tuntutan

Honorer dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mempertanyakan penetapan RPP Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) turunan dari UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN ini dijanjikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas disahkan akhir April.

Namun, hingga 25 April 2024 belum ada tanda-tanda penetapannya. Ada kekhawatiran pengesahannya molor sehingga berdampak pada penyelesaian masalah honorer.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Apa Kabar RPP Manajemen ASN? Honorer & PPPK Ajukan 5 Tuntutan

3. Menteri Anas Singgung Lagi PPPK Part Time, 20% Jatah Guru Swasta

Pada seleksi Calon PNS 2024 dan PPPK 2024, Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, telah menyiapkan 1.215 formasi.

Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyebutkan, jumlah tersebut terdiri dari 528 formasi CPNS 2024 dan 687 formasi PPPK 2024. "Pemerintah Kota Pontianak secara keseluruhan telah mengusulkan sebanyak 1.215 formasi

Dari jumlah tersebut, 528 di antaranya adalah CPNS dan 687 PPPK," ujar Ani di Pontianak, Rabu (24/4).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Menteri Anas Singgung Lagi PPPK Part Time, 20% Jatah Guru Swasta

4. Sesmenpora: PPPK Bukan ASN Nomor Dua

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro mengatakan bahwa pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bukanlah aparatur sipil negara (ASN) nomor dua.

"Kepada semua pegawai PPPK yang sedang mengikuti orientasi, saya tekankan bahwa PPPK bukan ASN nomor dua," kata Gunawan seusai membuka kegiatan orientasi PPPK di Bogor, dikutip dari dalam laman Kemenpora RI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu (24/4).

Gunawan mengatakan bahwa hak, tugas, dan tanggung jawab PPPK sama dengan ASN lain di lingkungan Kemenpora, sehingga harus bersungguh-sungguh melayani masyarakat.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Sesmenpora: PPPK Bukan ASN Nomor Dua

5. Bertemu Ketua KWI, DPP Patria Bahas Sejumlah Agenda Strategis Termasuk Kedatangan Paus Fransiskus

DPP Perkumpulan Alumni Margasiswa Republik Indonesia (PATRIA) bertemu Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius S Bunjamin, OSC di Kantor KWI, Jalan Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4) pagi.

Dalam pertemuan itu, hadir ketua umum DPP Patria Agustisnus Tamo Mbapa (Gustaf) bersama Sekretaris Jenderal Septyarini, Wakil Ketua Umum Urusan Internal Organisasi Maksimus Ramses Lalongkoe, Wakil Sekjen Urusan Pendidikan, Riset dan Teknologi Samuel Henki Sigiro, dan Ketua Dewan Pengawas DPP Patria Paskalis A da Cunha.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Bertemu Ketua KWI, DPP Patria Bahas Sejumlah Agenda Strategis Termasuk Kedatangan Paus Fransiskus

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Pintu Tol Honorer jadi ASN Terbuka, Nasib P1-P4 Bagaimana? BKN Mengungkapkan Sesuatu


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler