5 Berita Terpopuler: Formasi PPPK 2024 Sudah Kelihatan, 40 Ribu Honorer Enggak Khawatir jadi Part Time, Ini Ulasannya

Sabtu, 27 Januari 2024 – 06:25 WIB
Jutaan honorer menunggu diangkat jadi ASN lewat seleksi PPPK 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Jumat (26/1) tentang formasi PPPK 2024 sudah keliatan ada dua rute untuk honoere tendik, 40 ribu honorer sudah tenang, hingga berikut ulasan salah tanggap Gibran yang dinilai keliru oleh peneliti Prancis. Simak selengkapnya!

1. 40 Ribu Honorer Sudah Tenang, Enggak Khawatir jadi PPPK Part Time

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Honorer Tendik Gembira, tetapi Jangan Terbuai dengan formasi CPNS & PPPK, Aturannya Membingungkan

Masih ada jutaan honorer yang menunggu jadwal pendaftaran seleksi PPPK 2024, yang tahun ini akan digelar 2 kali.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 memerintahkan agar penataan tenaga non-ASN yang berkaitan dengan pengangkatan honorer jadi PPPK harus kelar Desember 2024.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Info Terbaru PP Manajemen ASN, Berpotensi Bikin Honorer Menangis, Begini Penjelasan BKN

Sebagian dari 2,3 juta honorer yang sudah ada di data base BKN akan diangkat menjadi PPPK Part Time, yang pengaturannya akan dituangkan dalam PermenPAN-RB.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Info PPPK dari BKN, Ada 2 Larangan Rekrutmen, Honorer Teknis Siap-Siap Saja

40 Ribu Honorer Sudah Tenang, Enggak Khawatir jadi PPPK Part Time

2. Formasi PPPK 2024: Ada 2 Rute Honorer Tendik, Satunya Terjal Berliku

Terdapat dua rute bagi para honorer tendik (tenaga kependidikan) agar seluruhnya bisa terakomodasi dalam formasi PPPK 2024.

Seperti sudah diumumkan pemerintah, jumlah formasi CPNS 2024 dan PPPK 2024 yang disiapkan pemerintah mencapai 2.302.543.

Instansi Pusat mendapat jatah alokasi sebanyak 429.183 formasi, yang terdiri dari 207.247 formasi CPNS 2024 dan 221.936 formasi PPPK.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Formasi PPPK 2024: Ada 2 Rute Honorer Tendik, Satunya Terjal Berliku

3. KPK Bergerak ke Jatim, Sejumlah Pejabat Terjaring OTT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (26/1). Sejumlah pejabat terjaring dalam operasi senyap ini.

"Terkait dengan kegiatan di Sidoarjo kami sampaikan memang betul ada kegatan KPK di sana dan sekarang masih berproses kegiatan dimaksud," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (26/1).

Ali masih merahasiakan identitas para pihak yang ditangkap. Hal ini lantaran proses pemeriksaan masih berjalan. Baca Juga:

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

KPK Bergerak ke Jatim, Sejumlah Pejabat Terjaring OTT

4. Peneliti di Prancis Anggap Gibran Keliru soal Greenflation & Rompi Kuning, Ini Ulasannya

Pemerhati lingkungan yang juga peneliti di Institut Pasteur Paris, Angga Perima, menyebut pernyataan Gibran Rakabuming Raka soal kaitan greenflation dan Gerakan Rompi Kuning di Prancis merupakan hal keliru.

Penyandang gelar master dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini bermukim di Prancis itu punya sederet catatan untuk mengulas pernyataan Gibran dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 tersebut.

Angga menjelaskan terjemahan greenflation (akronim dari kata green dan inflation) berarti inflasi hijau.

Adapun definisinya ialah inflasi yang berhubungan dengan kebijakan publik maupun privat, seperti perusahaan, sebagai bagian dari upaya untuk transisi hijau.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Peneliti di Prancis Anggap Gibran Keliru soal Greenflation & Rompi Kuning, Ini Ulasannya

5. Idrus Marham Mangkir dari Panggilan Penyidik KPK

Politikus Partai Golkar Idrus Marham mangkir dari panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (26/1).

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu seharusnya diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Idrus Marham saksi tidak hadir dan konfirmasi pada tim penyidik untuk dijadwal ulang," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (26/1).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Idrus Marham Mangkir dari Panggilan Penyidik KPK

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Honorer Masih Punya Waktu untuk PPPK 2024, Simak Penjelasan Dirjen GTK, tetapi Ada yang Makin Gelisah


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler