5 Berita Terpopuler: Ribuan Orang Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Semeru, Semoga Terakomodir Semua

Senin, 05 Desember 2022 – 07:51 WIB
Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). ANTARA/HO-BNPB/am

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Minggu (4/12) tentang Gunung Semeru meletus menyebabkan ribuan orang mengungsi, semoga semua PPPK 2023 terakomodir dengan mekanisme rekrutmen baru, hingga detik-detik bus masuk jurang. Simak selengkapnya!

Jangan lupa ya, tetap pakai masker saat bepergian, rutin mencuci tangan dan menjaga jarak karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Anggaran PPPK 2023 Bakal Spesifik, 19 Ribuan P1 Terancam, PKS Bereaksi Keras

1. Wahai Heru Budi, Derajat Anda Itu Hanya Pj Gubernur, Bisa-bisanya Menghina Putra Betawi

Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Abdul Ghoni menilai Penjabat Sementara (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono sama sekali tidak menghargai putra Betawi.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Suasana di DPR Pecah, Jenderal Andika Buka-bukaan soal Paspampres Pemerkosa Prajurit Wanita

Menurut pria yang menjabat sebagai Ketum Forkabi itu, pencopotan Marullah Matali dari posisi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) DKI membuat warga Betawi sangat kecewa.

“Saya sebagai putra Betawi dan juga Ketua Umum Forkabi kecewa sama Heru. Heru tidak boleh semena-mena. Harus ada etika. Saya tersinggung,” tegas Ghoni dalam keterangannya, Minggu (4/12).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: 2 Kesaksian Bharada E Mengejutkan Terungkap, Orang Nomor Satu Polri Dibohongi, Siapa Sosok Itu?

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Wahai Heru Budi, Derajat Anda Itu Hanya Pj Gubernur, Bisa-bisanya Menghina Putra Betawi

2. 3 Mekanisme Terbaru PPPK 2023, Direstui Presiden, Semoga Seluruh Honorer Terakomodir

Pemerintah menyiapkan mekanisme terbaru PPPK 2023. Mekanisme ini sudah direstui Presiden Joko Widodo yang ingin menuntaskan honorer pada 2023.

"Perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bertujuan meningkatkan kesejahteraan guru honorer, walaupun dalam pelaksanaannya ada berbagai kekurangan," kata Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pada puncak peringatan HUT ke-77 PGRI dan HGN di Kota Semarang, Sabtu (3/12).

Dia menyadari dua tahun pelaksanaan seleksi PPPK guru, berbagai masalah timbul. Salah satunya adanya kelompok guru honorer yang tidak mendapatkan formasi.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

3 Mekanisme Terbaru PPPK 2023, Direstui Presiden, Semoga Seluruh Honorer Terakomodir

3. Detik-detik Bus Semeru Masuk Jurang di Magetan, 7 Orang Tewas, 6 Warga Semarang

Sebuah bus rombongan wisatawan dari Semarang, Jawa Tengah, terguling masuk jurang sedalam 20 meter di Jalan Raya Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (4/12).

Tujuh orang dilaporkan tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka akibat kecelakaan maut tersebut.

"Data sementara ada tujuh orang korban meninggal termasuk sopir. Mengenai penyebab pasti masih kami selidiki. Saat ini fokus evakuasi dan penanganan para korban dulu," kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan di Magetan, Jatim, Minggu. 

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Detik-detik Bus Semeru Masuk Jurang di Magetan, 7 Orang Tewas, 6 Warga Semarang

4. Gunung Semeru Meletus, Ribuan Jiwa Sudah Mengungsi

Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di sebelas titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Jawa Timur, Minggu.

Titik pengungsian itu meliputi 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip.

Kemudian, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip, 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMPN 2 Pronojiwo.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Gunung Semeru Meletus, Ribuan Jiwa Sudah Mengungsi

5. Mayor BF Perkosa Prajurit Wanita, Danpaspamres Menunggu Panggilan Hukum

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum mengenai anggotanya Mayor BF yang diduga memerkosa prajurit TNI wanita.

Dia mempersilakan POM TNI untuk memanggil anggotanya itu.

"Saya tunggu panggilan dari POM TNI agar anggota saya diproses sesuai hukum yang berlaku. Nanti biar hukum yang memutuskan," kata dia Sabtu (4/12).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Mayor BF Perkosa Prajurit Wanita, Danpaspamres Menunggu Panggilan Hukum

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Mujahid 212 Ungkap Hal Mengagetkan, Jokowi Terus Digempur, Ngeri


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler