5 Berita Terpopuler: Surat MenPAN-RB Turun, Ada Kabar Baru soal Nasib Guru Mengaji, Lengkap

Jumat, 25 Agustus 2023 – 06:19 WIB
Syarat pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Kamis (4/8) tentang surat MenPAN-RB turun terkait pendaftaran CPNS, terungkap kabar baru soal nasib guru mengaji, hingga jadwal terbaru dan lengkap dari BKN soal pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Simak selengkapnya!

1. Surat MenPAN-RB Turun, Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK Resmi Dibuka 17 September, Ini Jadwal Lengkapnya

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kesaktian KepmenPAN-RB Nyata, Honorer Jangan Ragu Lagi, Anggaran Gaji Gede?

Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas tentang jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2023 dan PPPK akhirnya turun.

Surat MenPAN-RB Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023 tertanggal 21 Agustus 2023 itu berisi tentang penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi CASN 2023.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kabar Gembira untuk Guru Honorer, Alhamdulillah, tetapi Pentolan K2 Tak Banyak Berharap

Merespons surat MenPAN-RB tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN 2023 mengumumkan secara resmi jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK 2023.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Bakal Ada Regulasi PPPK 2023 untuk Honorer, Janji Politik Jelang Pemilu? Ternyata

Surat MenPAN-RB Turun, Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK Resmi Dibuka 17 September, Ini Jadwal Lengkapnya

2. RUU ASN Selangkah Lagi, Ada Kabar Baru soal Nasib Guru Ngaji, Bukan Honorer

Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) saat ini masih pada tingkat pembahasan di DPR.

Seluruh honorer yang berjumlah 2,3 juta dan para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) perlu tahu bahwa data yang ditampilkan di situs resmi DPR, tercatat posisi RUU ASN saat ini tinggal satu langkah lagi untuk disahkan menjadi UU.

Perlu diketahui, urutan status RUU dimulai dari terdaftar, pengusulan, harmonisasi, penetapan usul, pembahasan, dan terakhir keputusan atau ketuk palu pengesahan menjadi UU.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

RUU ASN Selangkah Lagi, Ada Kabar Baru soal Nasib Guru Ngaji, Bukan Honorer

3. Info Terbaru dari BKN: Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK, Lengkap

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Panselnas CASN 2023 telah mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Tahapan jadwal seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 yang ditetapkan Panselnas di bawah ini berdasarkan surat Menteri PANRB Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023 tanggal 21 Agustus 2023 perihal Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023.

Pengumuman seleksi akan mulai diumukan oleh masing-masing instansi pemerintah pada 16 sampai dengan 30 September 2023.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Info Terbaru dari BKN: Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK, Lengkap

4. Survei SMRC: Tren Elektabilitas Ganjar Terus Menguat, Prabowo Cenderung Merosot

Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait dengan elektabilitas bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Ternyata, elektabilitas Ganjar Pranowo mulai merangkak naik. Hal ini terekam dalam simulasi dua nama, selisih antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang makin menipis.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan lewat simulasi pilihan tertutup terhadap dua nama, Prabowo Subianto mendapatkan persentase sebanyak 44,5 persen, sementara Ganjar Pranowo 41,5 persen, belum tahu 13,9 persen.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Survei SMRC: Tren Elektabilitas Ganjar Terus Menguat, Prabowo Cenderung Merosot

5. Pendaftaran PPPK 2023 Dimulai September, Eko: Panja RUU ASN Buat Apalagi?

Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK akan dimulai 17 September.

Jadwal yang sudah disetujui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas ini malah dipertanyakan kalangan honorer.

Mereka bertanya-tanya, kalau jadwal rekrutmen PPPK 2023 sudah ada, lantas bagaimana Panitia kerja Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (Panja RUU ASN).

"Kalau seleksi sudah mau dibuka buat apalagi Panja RUU ASN. Honorer K2 tetap harus ikut seleksi yang syaratnya pasti sulit," kata Eko Mardiono, pengurus pusat Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) kepada JPNN.com, Kamis (24/8).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Pendaftaran PPPK 2023 Dimulai September, Eko: Panja RUU ASN Buat Apalagi?

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Ganjar Berpotensi Meraih Suara Warga NU, Gen Z Juga Mendukung, tetapi Masih Ada Misteri


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler