5 Buah ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selasa, 03 April 2018 – 04:21 WIB
Berbagai macam jenis buah yang dijual di swalayan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Buah-buahan rupanya bisa juga membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Buah-buahan mengandung banyak zat gizi bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol Anda.

BACA JUGA: Begini Cara Mudah untuk Mendapatkan Serat Lebih Banyak

Kolesterol adalah suatu senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh tubuh, tepatnya oleh organ hati. Sebagian kebutuhan kolesterol tubuh juga dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari. Di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol utama, yaitu terdiri dari low-density lipoprotein (LDL/kolesterol “jahat”) dan high-density lipoprotein (HDL/kolesterol “baik”).

LDL adalah kolesterol yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah. Sedangkan, HDL justru memiliki kontribusi untuk membantu organ hati mengeluarkan kelebihan LDL dari dalam tubuh.

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Penderita Diabetes

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, Anda perlu menjaga asupan makanan yang rendah kolesterol. Ada beberapa makanan yang bisa Anda pilih untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

Mengonsumsi berbagai buah-buahan juga dipercaya dapat menjadi upaya bagi Anda untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda. Berikut ini adalah buah-buahan tersebut:

BACA JUGA: 3 Cara Pencegahan Kolesterol Sejak Dini

1. Apel.

Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa pada wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari dalam 6 bulan mengalami penurunan hingga 23% kadar LDL dan peningkatan 4% kadar HDL di dalam darah.

Kandungan polifenol pada apel merupakan suatu antioksidan yang dapat menghambat proses oksidasi dari LDL. Dengan proses penghambatan ini, dapat menurunkan risiko pembentukan kolesterol di pembuluh darah dan penyempitan pembuluh darah.

2. Pisang.

Konsumsi pisang dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Serat di dalam pisang dapat membantu menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Secara jelas, serat tersebut membuat penyerapan kolesterol menjadi lambat di dalam darah.

Selain itu, kandungan kalium di dalam pisang juga berkontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pula.

3. Stroberi.

Hasil penelitian menemukan bahwa stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL di dalam darah. Selain itu, stroberi juga dipercaya bisa menurunkan kadar trigliserida yang merupakan komponen kolesterol darah pula. Kandungan serat dan phytosterol di dalam stroberi diketahui dapat memberikan efek pada kadar LDL.

4. Jus Jeruk.

Kebanyakan jeruk kaya akan kandungan sterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar LDL. Kemudian, jus jeruk diketahui dapat meningkatkan kadar HDL di dalam darah. Sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21 persen pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 ml jus jeruk setiap hari.

5. Anggur.

Mengonsumsi buah anggur dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida di dalam darah. Hal ini dipercaya terjadi karena kandungan pterostilbene yang dimiliki anggur. Pterostilbene memengaruhi enzim yang terlibat dalam proses pengaturan kadar lemak darah.

Itulah beberapa buah yang bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain menurunkan kadar kolesterol, buah-buahan bisa menjadi sumber asupan serat yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan Anda.(RS/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Penyakit ini Muncul Karena Kolesterol Tinggi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler