5 Buah ini Bisa Meningkatkan Kolagen Dalam Tubuh

Kamis, 02 Juli 2020 – 09:09 WIB
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Bagi Anda yang selalu ikut perkembangan kecantikan, pasti sudah tahu, dong, pentingnya kolagen untuk kulit. Kita memang butuh komponen kolagen untuk mempercantik kulit. 

Kabar baiknya, kolagen bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

BACA JUGA: 5 Buah-buahan untuk Menurunkan Berat Badan

Tapi, jika produksi kolagen dari dalam tubuh berkurang, maka ada satu cara lagi yang bisa bantu tingkatkan produksi kolagen, yaitu dengan makan buah-buahan! Buah apa saja, ya?

Mengapa Tubuh Butuh Kolagen?

BACA JUGA: 5 Buah-buahan Ini Efektif Turunkan Kolesterol

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, kolagen adalah sebuah protein dalam tubuh yang bekerja sama dengan keratin untuk membentuk kulit sehat, cantik, dan tampak halus. 

Selain itu, kolagen sendiri juga berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit wajah maupun kulit bagian lainnya tidak mudah kendur. 

BACA JUGA: 5 Kiat Agar Memiliki Imunitas Kulit yang Baik

“Karena fungsinya memang banyak dikaitkan untuk kulit, maka kolagen juga sering disebut sebagai sumber kecantikan dan kunci awet muda bagi banyak orang,” jelas dr. Devia.

“Di bidang kesehatan dan kecantikan, kolagen sendiri dimanfaatkan untuk membantu regenerasi kulit dan membantu penyembuhan luka yang lebih cepat. Pada kasus luka bakar misalnya, kita mencangkok bagian kulit lainnya, kemudian ditempelkan di luka bakar agar ada regenerasi kulit, di sini yang ada peran kolagen,” tambahnya.

Kok, Bisa Kolagen di Tubuh Berkurang?

Sama seperti zat dalam tubuh lainnya, kolagen juga bisa berkurang bahkan hilang dari dalam tubuh. 

Bukan tanpa alasan produksi kolagen bisa berkurang, hal ini karena adanya beberapa faktor yang memengaruhi. 

Melansir Everyday Health, Deanne Robinson, MD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology di Westport, Connecticut mengatakan, produksi kolagen akan mulai menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, adanya kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, kurang tidur, dan memiliki pola makan buruk juga bisa jadi alasan mengapa produksi kolagen dalam tubuh jadi berkurang.

“Penelitian menunjukkan, merokok memungkinkan radikal bebas menyerang fibril kolagen, menjadikannya lemah dan berkualitas buruk. Karena itu, tidak mengherankan bila kulit seorang perokok cenderung terlihat rusak dan berkerut, terutama di sekitar mulut,” kata Cyndi Yag-Howard, MD, CEO dan presiden Yag-Howard Dermatology Center di Naples, Florida.

Kolagen Bisa Anda Dapat dari Buah-Buahan Ini!

Kalau Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda, mulai sekarang konsumsilah buah-buah yang dapat meningkatkan produksi kolagen berikut ini: 

1. Jeruk 

Buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk adalah komponen utama dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. 

Selain itu, vitamin C dalam buah jeruk juga bantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. 

2. Buah Beri 

Selain buah jeruk, dr. Devia juga mengatakan bahwa buah beri, termasuk stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah jenis buah lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Karena, buah keluarga beri ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

3. Jambu

Buah-buahan tropis seperti jambu juga dipercaya bisa meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. 

Cara makannya pun gampang, bisa langsung makan tanpa harus dikupas, di-jus, atau dipotong dan dicampur dengan yoghurt atau masukkan dalam smoothie bowl. 

4. Kiwi 

Selain jambu, buah tropis lainnya yang juga bagus untuk meningkatkan produksi kolagen adalah kiwi. Tidak hanya mengandung vitamin C, buah kiwi juga mengandung seng yang baik untuk memproduksi kolagen.

5. Nanas

Ya, buah yang disebut-sebut tidak boleh dimakan oleh ibu hamil ini ternyata juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Nanas mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan seng yang bisa memproduksi kolagen.

Mengonsumsi kelima buah-buahan di atas memang baik untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Tapi, imbangi juga dengan pola hidup sehat, seperti olahraga, istirahat cukup, serta hindari merokok dan minuman beralkohol.(FR/AYU/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler