5 Cara Alami Atasi Sakit Kepala, Tidak Ada Salahnya Dicoba

Kamis, 06 Januari 2022 – 06:34 WIB
Ilustrasi sakit kepala. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SAKIT kepala sering mengganggu kegiatan seseorang. Sakit kepala ditandai dengan rasa berdenyut di kepala.

Sakit kepala bisa timbul karena berbagai alasan, mulai dari tekanan darah tinggi, stres, dan lainnya.

BACA JUGA: Tidak Perlu Obat, 3 Buah Ini Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

Meski Anda mungkin tergoda untuk minum obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi rasa sakit, minum obat terlalu sering bisa memiliki efek samping yang parah pada tubuh Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

BACA JUGA: 4 Cara Alami Mengatasi Asam Urat, Jangan Ragu Mencobanya

1. Pijat

Jika sakit kepala tampaknya terkonsentrasi di daerah dahi, letakkan kedua jari telunjuk Anda di kedua sisi pangkal hidung, di antara alis Anda.

BACA JUGA: 4 Buah yang Ampuh Redakan Sakit Kepala

Tekan ke bawah dan gerakkan jari Anda dengan gerakan memutar melintasi alis.

Ini akan membantu meredakan ketegangan pada otot-otot di bagian depan tengkorak Anda.

Jika Anda mengalami sakit kepala tegang yang terasa seperti meremas kepala, cobalah memijat kulit kepala Anda dengan beberapa minyak esensial seperti peppermint atau minyak lavender.

Gesekan dan aksi minyak meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda, dan ini membantu mengurangi kejang otot-otot di tengkorak, memberikan kelegaan dari sakit kepala.

2. Jahe

Menurut konsep dalam Ayurveda, sakit kepala dipicu oleh beberapa gangguan pada kemampuan pencernaan tubuh, dan di sinilah sifat pencernaan jahe membantu mengatasi sakit kepala.

Untuk memanfaatkan kekuatan penghilang rasa sakit dari minyak atsiri yang ada dalam jahe, hancurkan sedikit jahe segar, rebus dalam air.

Kemudian, saring rebusan ini dan minumlah saat hangat.

3. Makan dengan benar

Penelitian menunjukkan makanan tertentu memiliki kemampuan untuk memicu sakit kepala, terutama migrain.

Makanan seperti keju, kopi, cokelat, dan teh yang mengandung amina vasoaktif, diketahui memicu sakit kepala migrain yang menyakitkan.

Amina ini memengaruhi aliran darah di dalam dan di sekitar otak, yang menyebabkan sakit kepala.

Jika Anda sering menderita sakit kepala, buatlah buku harian makanan dan catat makanan apa yang secara spesifik memicu sakit kepala dan hindari makanan ini untuk mencegah sakit kepala.

4. Latihan peregangan

Sakit kepala ditandai dengan rasa tegang di leher, bahu, dan kulit kepala.

Beberapa latihan sederhana untuk meregangkan area ini bisa membantu mengurangi intensitas sakit kepala.

Gerakkan dagu ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan secara bergantian dan tekuk leher ke samping ke arah masing-masing bahu secara bergantian.

Anda juga bisa mencoba memutar leher secara perlahan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam untuk membantu otot bahu dan leher santai.

Relaksasi otot yang tegang ini akan mengurangi nyeri kepala.

5. Teh hijau

Kaya akan antioksidan, teh hijau adalah obat yang sangat baik dan merupakan salah satu cara alami untuk meredakan sakit kepala.

Seduh teh hijau sedikit, peras lemon dan minum hangat.

Sakit kepala sesekali yang datang karena melewatkan makan atau melewatkan secangkir kopi di pagi hari bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Namun, jika Anda sering mengalami sakit kepala dan mencari obat penghilang rasa sakit lebih dari sekali seminggu, itu bisa menjadi indikasi penyakit yang lebih dalam.(fny/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler