5 Efek Negatif Dari Tidur Berlebihan

Jumat, 07 Juli 2017 – 13:02 WIB
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com, JAKARTA - Tidur merupakan aktivitas yang harus terpenuhi untuk membantu merefresh atau sebagai proses peremajaan tubuh.

Namun, bila tidur berlebihan, bisa sangat merugikan kesehatan. Melihat fenomena tersebut, para pakar mengajurkan tidak tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya.

BACA JUGA: Waduh, Terlalu Sering Main Handphone Ternyata Berbahaya Bagi Jempol Anda

Berikut ini beberapa bahaya tidur yang berlebihan, oversleeping atau bisa juga disebut dengan hipersomnia bagi kesehatan, seperti dilansir laman Ehow, Kamis (6/7).

1. Kelelahan dan Obesitas.

BACA JUGA: Benarkah Bekam Bermanfaat untuk Kesehatan, Simak ni Penjelasannya

Terlalu banyak tidur justru bisa membuat Anda merasa lebih lelah. Ini karena semakin lama Anda tidur, maka akan semakin rendah suhu tubuh, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan dan kelesuan yang ekstrem saat bangun.

Sayangnya dengan oversleeping, Anda lebih berisiko mengalami obesitas karena tubuh butuh waktu lebih lama untuk pulih dari tidur yang berlebih dan mulai membakar kalori sepanjang hari.

BACA JUGA: Ini 7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi

2. Depresi.

Depresi adalah kerugian umum bagi mereka yang kelaparan. Ini mungkin karena kenyataan bahwa semakin lama Anda tidur, maka semakin sedikit aktivitas fisik yang didapatkan, sehingga jumlah endorfin yang menurun bisa memicu mood buruk.

3. Diabetes dan Penyakit Jantung.

Studi telah menunjukkan bahwa diabetes dan penyakit jantung terkait dengan lamanya waktu tidur yang seseorang dapatkan.

Sementara penyebabnya mungkin tidak diketahui, fakta bahwa obesitas adalah risiko bagi mereka yang tidur terlalu lama membuat setiap orang berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

4. Sakit Kepala.

Sakit kepala adalah kejadian umum dari orang-orang yang terlalu banyak tidur, terutama pada saat bangun dari tidur yang sangat lama lebih dari sembilan jam.

Tidur dalam jangka waktu lama memiliki dampak negatif pada neurotransmiter di otak yang aktif selama tidur, yang menyebabkan Anda terbangun dengan migrain.

Sakit kepala yang terus-menerus hanya membuat Anda sulit menyesuaikan diri dan bersiap untuk memulai hari.

5. Gaya Hidup.

Dengan sakit kepala, kelesuan, depresi dan mood buruk yang terkait dengan tidur berlebihan, maka gaya hidup sehari-hari bisa menjadi tidak menentu akibat dari pola tidur yang tidak sehat ini.

Saat Anda terus tidur untuk waktu yang lebih lama, Anda memberi diri sedikit waktu untuk bersiap-siap di pagi hari, pergi bekerja, sekolah atau menyelesaikan pekerjaan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan Anda


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Tidur   kesehatan  

Terpopuler