Inilah Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan Anda

Jumat, 30 Juni 2017 – 02:33 WIB
Teh Hijau. ILUSTRASI. Foto: Laman Care2

jpnn.com, JAKARTA - Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa orang yang biasa minum teh, khususnya teh hijau atau matcha tea, bisa menurunkan berat badan lebih cepat daripada orang yang tidak minum teh.

Namun ada juga berbagai manfaat the hijau untuk kesehatan, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (26/6).

BACA JUGA: Inilah 7 Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan

1. Matcha rendah kalori dan bebas gula tambahan

Menurut Livestrong.com, teh yang terbuat dari bubuk matcha sangat rendah kalori dan bebas dari gula tambahan yang biasa ditemukan pada minuman yang dibeli di toko seperti latte matcha.

BACA JUGA: Ketahuilah, Ini Manfaat Minyak Mustard untuk Kesehatan

Karena serbuk hijau terang yang digunakan untuk membuat teh ini hanya terdiri dari daun tanah, pada dasarnya Anda hanya minum tanaman.

2. Memiliki banyak vitamin dan mineral

BACA JUGA: Tips agar Kulit Tetap Sehat saat Puasa

Hanya satu cangkir teh hijau setiap pagi bisa menyediakan semua vitamin dan mineral yang tidak cukup Anda dapatkan sepanjang sisa hari Anda.

Menurut Fakta Organik, matcha adalah sumber vitamin A, B, C, E, dan K yang sehat. Ini juga mengandung serat dan antioksidan tinggi yang disebut polifenol yang memberi dorongan energi untuk melindungi jantung Anda dan membantu menurunkan berat badan.

3. Bisa melindungi jantung

Menambahkan matcha tea ke rutinitas harian Anda bisa membuat jantung Anda sehat.

Antioksidan yang ditemukan pada makanan nabati, seperti daun teh hijau, memiliki berbagai manfaat, termasuk kesehatan jantung yang membaik.

Livestrong.com mengatakan bahwa polifenol yang ditemukan di sumber tanaman seperti matcha bisa membantu mencegah penumpukan plak di arteri Anda.

Matcha mungkin tidak melindungi Anda dari semua jenis penyakit jantung, tapi bisa membantu mencegah salah satu penyebab paling umum dari masalah jantung berat.

4. Minum matcha bisa memberi Anda energi

Menurut The Huffington Post, sejumlah kecil teh ini bisa memberi dorongan kafein yang besar.

Tidak seperti secangkir kopi hitam biasa Anda, kafein dalam minuman bubuk ini dilepaskan secara perlahan ke aliran darah Anda dan bukannya membanjiri sistem Anda sekaligus.

Anda akan merasa lebih berenergi tanpa merasa cemas.
.
5. Bisa membantu menurunkan berat badan

Minum teh hijau untuk menurunkan berat badan bukanlah konsep baru, tapi sains dibalik itu.

EGCG, antioksidan yang ditemukan di matcha bisa mendorong tubuh Anda untuk memecah lemak dan meningkatkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Minum matcha sebagai alat bantu penurunan berat badan juga bisa lebih berkaitan dengan fakta bahwa Anda meminum sesuatu yang sangat bergizi setidaknya sekali sehari.

Alih-alih latte gula dan soda diet, Anda meminum teh nabati rendah kalori dan bebas gula. Matcha sendiri mungkin bukan obat ajaib, tapi ini pengganti yang bagus untuk minuman Anda yang tidak sehat.

6. Bisa membantu menghilangkan stres

Jika Anda minum teh untuk membantu menghilangkan stres, Anda berada di jalur yang benar.

Kombinasi kafein dan asam amino yang disebut L-theanine bisa membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan perasaan tenang.

Sebuah tinjauan penelitian seputar topik ini menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine di matcha bisa membantu Anda untuk rileks.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hai Para Remaja Putri, Simak nih Penjelasan Dokter Frida soal Menstruasi


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler