5 Efek Samping Minum Kopi Hitam Berlebihan, Nomor 3 Bikin Resah

Jumat, 12 Agustus 2022 – 05:20 WIB
Ilustrasi kopi hitam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SIAPA yang tidak suka minum secangkir kopi hitam setelah bangun tidur.

Kopi hitam merupakan salah satu minuman kesukaan banyak orang karena bisa membantu menghilangkan rasa kantuk.

BACA JUGA: 7 Manfaat Kopi Hitam Campur Susu, Nomor 6 Bikin Kaget

Namun tahukah Anda, minum kopi hitam secara berlebihan ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Eatthis.

BACA JUGA: 5 Manfaat Rutin Minum Kopi Hitam Campur Minyak Kelapa, Nomor 4 Luar Biasa

https://www.eatthis.com/ugly-side-effects-drinking-too-much-coffee/?fbclid=IwAR07x1uDx_vIKoQO9Hy8NLHGKVG0KQDg5k4zHlJxUzA1_S2I-8kcuizmAOw.

1. Anda merasa cemas

Secangkir kopi delapan ons yang khas memiliki 95 miligram kafein di dalamnya.

BACA JUGA: 4 Manfaat Kopi Hitam Campur Mentega, Nomor 3 Bikin Wanita Bahagia

Jadi jika Anda minum lebih dari empat cangkir kopi, kamu akan mendapatkan sekitar 500 miligram kafein dalam sehari.

Satu studi oleh Journal of Psychopharmacology melaporkan bahwa menjadi konsumen kafein yang tinggi pada tingkat jenis ini bisa menyebabkan tingkat stres, kecemasan, dan bahkan depresi yang tinggi.

Studi tersebut mengatakan bahwa mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein seminggu bahkan terbukti menjadi prediktor kecemasan tinggi.

Sementara kecemasan dan stres adalah hal yang baik untuk dibicarakan dengan profesional medis, terutama dalam hal kesehatan mental, penting juga untuk mengevaluasi asupan kafein Anda dengan profesional itu dan mendiskusikan kebiasaan kafein yang lebih baik untuk kedepannya.

2. Kurang tidur

Minum kopi hitam secara teratur bisa menyebabkan masalah dengan pola tidur normal Anda, terutama jika kamu menikmati secangkir kopi di sore hari.

Satu studi mengevaluasi 197 siswa sekolah menengah. Sejumlah campuran pengguna dengan asupan kafein moderat melaporkan bangun pagi dan kantuk di siang hari dibandingkan dengan kelompok yang minum kafein dalam jumlah lebih rendah.

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan untuk minum kopi secara teratur, menjaga asupan kopi harian Anda seminimal mungkin dan di pagi hari bisa membantu pola tidur kamu di malam hari.

3. Detak jantung Anda meningkat

Meskipun satu studi terkontrol menunjukkan bahwa minum 100 miligram kafein antara setiap jam hingga lima jam tidak menyebabkan peningkatan detak jantung, minum dalam jumlah yang signifikan bisa menyebabkan perubahan ritme detak jantung.

Namun, dibutuhkan asupan kafein dalam jumlah yang signifikan untuk melakukannya.

4. Kegugupan

Pernah merasakan gugup setelah terlalu banyak minum kopi? Ini sebenarnya bisa didefinisikan sebagai overdosis kafein, yang menyebabkan sakit kepala, kegelisahan, kesulitan tidur, dan s peningkatan detak jantung.

Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping buruk yang parah ini karena terlalu banyak minum kopi, kamu harus mencari perhatian medis.

5. Anda merasa lelah

Wajar saja untuk beralih ke kopi atau bentuk lain dari kafein ketika Anda merasa lelah.

Namun, tahukah Anda, mengonsumsi terlalu banyak kafein ternyata bisa berdampak negatif?

Apalagi jika ditambah gula. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Innovations in Clinical Neuroscience, di mana peserta diberi minuman berkafein dalam jumlah tertentu untuk energi, minum minuman berkafein, terutama dengan gula secara teratur memang menyebabkan kelelahan mental bagi peserta.

Meskipun kafein umum menyebabkan penurunan tingkat energi saat habis, yang terbaik adalah mengatur waktu ketika Anda berencana untuk tidur daripada beralih ke lebih banyak kopi untuk membuat kamu tetap terjaga.

Karena tidur yang terganggu nantinya akan menyebabkan lebih banyak kelelahan sepanjang hari, menciptakan lingkaran setan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler