5 Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Rambut

Rabu, 27 Februari 2019 – 23:48 WIB
Rambut hitam sehat berkilau. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Memiliki rambut sehat merupakan impian semua orang. Penampilan rambut yang cantik dan berkilau mampu menggambaran kesehatan tubuh Anda.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut, tak perlu khawatir karena masih ada cara untuk merawatnya agar sehat dan kuat, seperti di bawah ini:

BACA JUGA: Ketahui Efek Tidur dengan Rambut Basah

Ingin memiliki rambut sehat, kuat dan berkilau? Berdasarkan rekomendasi dr. Nadia, Anda bisa mengonsumsi deretan makanan berikut ini dengan kandungan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

1. Protein

BACA JUGA: Atasi Rambut Rontok si Kecil dengan 4 Cara ini

Pastikan Anda mengonsumsi cukup protein jika ingin memiliki rambut kuat dan sehat. Ayam, ikan, telur, daging, telur, produk olahan susu, dan kacang-kacangan adalah sumber protein terbaik.

2. Zat besi

BACA JUGA: Rambut Anak Sering Rontok? 4 Hal ini Bisa jadi Biang Keroknya

Besi merupakan mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung untuk mewujudkan rambut sehat yang Anda impikan.

3. Biotin

Biotin merupakan vitamin B yang larut dalam air. Penuhi kebutuhan vitamin ini lewat konsumsi makanan yang tinggi biotin seperti gandum, hati, kuning telur, dan kacang kedelai.

4. Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan rambut.

Omega-3 bisa didapat dari salmon, sarden, makerel, ataupun dari bahan makanan nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan.

5. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sebum atau kelenjar minyak. Jadi, perbanyaklah konsumsi wortel, ubi, dan labu agar rambut Anda terjaga kelembapannya dan tak mudah kering atau patah.

Untuk itu, saatnya menciptakan rambut sehat dan jangan lupa, konsumsi makanan mengandung nutrisi seperti yang telah disebutkan, agar kesehatan rambut tetap terjaga.(NP/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Miliki Kulit dan Rambut Sehat dengan Minyak Kemiri


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler