5 Kesalahan Saat Memulai Bisnis Online yang Harus Dihindari

Senin, 22 Maret 2021 – 03:50 WIB
Ilustrasi bisnis online. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Co-Founder Alona & Dropshipaja.com, Rico Huang berbagi lima kesalahan yang harus dihindari saat berbisnis di jalur online.

1. Pola pikir yang kurang tepat

BACA JUGA: Jangan Lakukan Lima Hal Ini Jika Ingin Sukses Bisnis Daring

Merasa tahu segalanya dan segan menerima masukan dari orang lain adalah salah satu kesalahan umum para pebisnis baru.

Rico mengakui sempat memiliki pola pikir seperri itu saat awal berbisnis yang berujung pada kebangkrutan usahanya.

BACA JUGA: Menkominfo Johnny Desak MiChat Take Down Akun Prostitusi Online

Akhirnya Rico mengubah sudut pandangnya agar bisa menerima, menyerap dan mempraktikkan semua ilmu dan saran yang membangun dari berbagai pihak.

"Terkadang orang lain bisa melihat hal penting yang mungkin terlewat, padahal hal itu mungkin signifikan untuk pertumbuhan bisnis," kata dia dalam keterangan reami, Senin.

BACA JUGA: Jelang MotoGP 2021, Marc Marquez Harus Menyimak Saran dari Sang Legenda

2. Tidak bergabung dengan komunitas

Menurut Rico, banyak juga pebisnis yang tidak meluangkan waktu cukup untuk bergabung dengan komunitas dan mencari jejaring.

Padahal, tambah Rico, dengan bergaul di komunitas sesama penjual, tidak hanya ilmu yang bisa didapatkan, tetapi juga jejaring dan bahkan kesempatan bisnis.

3. Aku yang paling murah

Bagaimana kita bisa bersaing dengan kompetitor: jadi yang termurah atau jadi berbeda? Perdebatan itu takkan pernah habis.

Bagi Rico, tidak masalah menjadi yang termurah atau berbeda, asal bisa mempertimbangkan kelebihan dan keurangan masing-masing pilihan tersebut.

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan sehingga bisa menentukan strategi bisnis yang memang sesuai dengan tujuan akhir.

4. Menyerah sebelum mencoba

Jika belum apa-apa sudah menyerah, bagaimana bisa meraih sukses?

Rico pun menyebutkan ada langkah-langkah yang kerap digunakan untuk mengevaluasi langkah bisnisnya yaitu Test (misalnya aktif beriklan di media sosial), Operate (beroperasi sesuai hasil iklan), Test (melakukan riset kembali dan merevisi keyword bila diperlukan), Exit (evaluasi dan belajar hal baru).

Intinya, gagal sekali bukan berarti akhir dari dunia. Terus lakukan evaluasi bisnis hingga bisa menemukan formula yang paling pas untuk bisnis.

5. Aku adalah superman

Ketika mengawali bisnis, semua hal masih dikerjakan sendiri, mulai dari marketing, administrasi, desain konten, foto produk, hingga pengemasan dan pengiriman barang.

Namun, seorang pebisnis harus mampu mendelegasikan tugas-tugas agar dapat fokus memikirkan strategi pengembangan bisnis.

Menurut Rico, seorang pebisnis yang baik tidak hanya bergantung pada dirinya sendiri, tetapi juga harus bisa mengandalkan anggota timnya agar bisnis dapat berjalan dengan optimal. (ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Teten Beberkan Data UMKM yang Terjun ke Bisnis Online


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler