5 Khasiat Air Mentimun yang Bikin Kaget

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 08:15 WIB
Mentimun. Foto: Eating Richly

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu minuman yang baik untuk kesehatan ialah air mentimun.

Air mentimun, minuman sederhana, tetapi menyegarkan. Air mentimun dibuat dengan memasukkan irisan mentimun ke dalam air, telah mendapatkan popularitas karena manfaat kesehatannya.

BACA JUGA: 8 Khasiat Jus Mentimun, Wanita Pasti Suka

Selain sifatnya yang mendinginkan dan menghidrasi, air mentimun diyakini menawarkan berbagai manfaat potensial bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 7 Manfaat Air Mentimun, Nomor 4 Bikin Kaget

1. Hidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mendukung fungsi tubuh.

Air mentimun adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan cairan, karena memberikan hidrasi sekaligus menambahkan rasa halus tanpa kalori atau tambahan gula yang ditemukan di banyak minuman lainnya.

BACA JUGA: Bantu Turunkan Tekanan Darah, Ini 7 Manfaat Minum Air Mentimun untuk Kesehatan

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, mengangkut nutrisi, dan membuang racun.

2. Sarat dengan nutrisi

Mentimun rendah kalori tetapi kaya nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan.

Ketika mentimun dimasukkan ke dalam air, beberapa nutrisi ini dilepaskan ke dalam cairan, sehingga meningkatkan profil nutrisinya.

Mentimun mengandung vitamin C dan K, serta potasium, magnesium, dan mangan yang semuanya berperan penting dalam menjaga kesehatan dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

3. Kaya akan antioksidan

Mentimun kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan lignan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Antioksidan berperan penting dalam melindungi sel dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan menurunkan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

4. Penurunan berat badan

Air mentimun adalah minuman rendah kalori yang bisa dimasukkan ke dalam rencana pengelolaan berat badan.

Dengan mengganti minuman manis atau minuman berkalori tinggi dengan air mentimun, seseorang bisa mengurangi asupan kalori secara keseluruhan sekaligus tetap terhidrasi dan kenyang.

Selain itu, kandungan air dan serat yang tinggi pada mentimun bisa meningkatkan rasa kenyang dan membantu pengendalian nafsu makan, sehingga berpotensi mendukung upaya penurunan berat badan.

5. Meningkatkan pencernaan

Kandungan air yang tinggi pada mentimun dipadukan dengan kandungan seratnya menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Minum air mentimun bisa membantu mencegah sembelit, melancarkan buang air besar secara teratur, dan mendukung fungsi pencernaan secara keseluruhan.

Selain itu, mentimun mengandung senyawa tertentu yang bisa membantu menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi peradangan, sehingga berpotensi meringankan gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan gangguan pencernaan.(genpi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 7 Khasiat Mentimun Campur Jeruk Nipis, Wanita Pasti Suka


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler