5 Khasiat Serai, Bikin Penyakit Ini Ambyar

Jumat, 21 Juli 2023 – 06:12 WIB
Ilustrasi air serai. Foto: hem46

jpnn.com, JAKARTA - SERAI sering Anda temukan di dapur ibu rumah tangga. Serai biasanya digunakan untuk menambah aroma dalam berbagai hidangan gurih.

Serai juga telah lama dikenal sebagai salah satu herbal yang bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 6 Khasiat Teh Serai yang Bikin Penyakit Ini Ogah Mendekat

Pasalnya, daun serai mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Selain itu, serai mengandung senyawa khas tanaman atau fitonutrien yang tak kalah penting.

BACA JUGA: 3 Khasiat Kulit Jeruk, Cegah Serangan Berbagai Penyakit Ini

Adapun salah satu cara mengonsumsi serai yang bisa membantu mendapatkan manfaat dengan maksimal, yakni dengan mencampurkannya ke dalam masakan atau merebusnya menjadi teh serai.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 5 Manfaat Terong, Cegah Serangan Penyakit Ini

1. Membantu detoks tubuh

Salah satu manfaat mengonsumsi serai, yakni membantu detoks tubuh.

Mengonsumsi serai yang memiliki kandungan fitonutrien bernama citral, ternyata berkhasiat untuk membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Pasalnya, proses detoksifikasi tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.

2. Menangkal radikal bebas

Salah satu khasiat mengonsumsi serai ternyata mampu untuk menangkal radikal bebas.

Pasalnya, serai mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, seperti quercetin dan rutin.

Perlu diketahui, bahwa antioksidan berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis, seperti penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker.

3. Menurunkan risiko infeksi

Salah satu manfaat mengonsumsi daun serai juga bisa mengurangi risiko infeksi karena bersifat antimikroba.

Perlu diketahui, bahwa daun serai mengandung minyak esensial yang bisa melawan bakteri dan jamur, seperti Bacillus cereus, Escherichia coli, P. aeruginosa, Klebsiella pneumoniae, Candida albicans, and Staphylococcus aureus.

Selain itu, manfaat daun serai yang berasal dari senyawa fenol, aldehida, dan citral bisa menghambat bakteri dan jamur di atas menurunkan risiko infeksi kulit menular, pencernaan, hingga infeksi saluran kencing (ISK).

4. Mengontrol gula darah

Salah satu khasiat mengonsumsi serai juga berpotensi mencegah kenaikan gula darah berlebih karena memiliki kandungan citronellal.

Menurut studi terbitan Evidence-based Complementary and Alternative Medicine (2021) yang mengamati tikus dengan diberikan minum minyak esensial serai, ternyata bisa menurunkan kadar gula darah dan lemak dalam darah.

Menurut penelitian, bahwa citronellal bersifat antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dari gula darah.

5. Mencegah kenaikan kolesterol

Khasiat mengonsumsi akar serai ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Peneliti menduga manfaat ini berasal dari senyawa saponin, sterol, dan fenolik yang bisa menurunkan kadar lemak di dalam darah berlebih.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler