5 Kiat Agar Tidur Lebih Berkualitas  

Minggu, 16 Desember 2018 – 16:31 WIB
Sulit tidur. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Faktanya, tidur bisa jadi salah satu olahraga terbaik yang bisa Anda berikan pada tubuh. Dengan tidur, Anda dapat memulihkan tenaga sehingga bisa beraktivitas dengan optimal lagi keesokan harinya.

Sayangnya bagi beberapa orang, memenuhi waktu tidur tidaklah mudah. Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, tidur yang tidak nyenyak dapat disebabkan oleh:

BACA JUGA: Mana Lebih Penting di Akhir Minggu, Tidur atau Olahraga?

1. Pencahayaan yang terlalu terang

2. Kondisi psikis tertentu, seperti gangguan cemas, depresi, atau lainnya

BACA JUGA: Keteraturan Tidur Sangat Terkait dengan Kesehatan

3. Sedang mengalami penyakit tertentu, seperti gangguan pernapasan, nyeri kepala, atau penyakit lain yang membuat tidur tidak nyaman

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

BACA JUGA: Tidur Siang, Kenali Manfaatnya

5. Berbagai macam gangguan tidur, contohnya insomnia dan sleep apnea.

Anda dapat menerapkan kiat-kiat berikut untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas:

1. Buat jadwal tidur dan bangun yang teratur

Tetapkan jadwal tidur dan bangun yang teratur setiap hari. Artinya, Anda perlu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, sekalipun hari libur. “Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik,” kata dr. Sara.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang baik

Temperatur, pencahayaan, dan suara sebaiknya dikontrol sehingga membantu Anda mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari. dr. Sara menyarankan agar Anda mematikan lampu saat tidur. Suhu kamar juga tidak boleh terlalu dingin atau panas.

3. Kurangi kafein

Asupan berkafein seperti teh dan kopi harus dikurangi. “Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga bisa menganggu tidur. Minumlah susu hangat sebagai gantinya,” jelas dr. Sara.

4. Jangan merokok dan minum alkohol

Alkohol dapat mengganggu tidur, begitu pula rokok. “Seorang perokok biasanya sulit untuk terlelap, dan lebih sering mengalami gangguan tidur,” kata dr. Sara.

5. Relaksasi sebelum tidur

Cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Bisa dengan mandi menggunakan air hangat, mendengarkan musik yang pelan, atau melakukan yoga.(RS/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Tidur?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Tidur   sulit tidur   Insomnia  

Terpopuler