Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Tidur?

Senin, 10 Desember 2018 – 16:41 WIB
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Saat Anda memikirkan cara membakar kalori, tidur tidak sering muncul dalam pikiran.

Padahal, tubuh Anda masih terbakar, bahkan ketika sedang tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak Anda menggunakan 20 persen dari asupan kalori per hari dan terus melakukannya ketika Anda sedang tidur.

BACA JUGA: Enam Cara Aman Mengurangi Dengkuran

"Membakar kalori diperlukan, karena tidur bukanlah aktivitas pasif," kata Mary Ellen Wells, Ph.D., direktur Neurodiagnostics dan Sleep Science di UNC School of Medicine, seperti dilansir laman MSN, Minggu (9/12).

Namun, berapa banyak kalori yang Anda bakar, sulit untuk dilacak.

BACA JUGA: 4 Kiat Agar Waktu Tidur Anda Tercukupi

"Ada banyak kalori yang dibakar selama tidur," tambah Dr. Wells. 

"Ini sangat bervariasi di seluruh tahap tidur dan sangat bervariasi pada aktivitas siang hari seseorang dan tentu saja genetika," jelas Dr. Wells. 

BACA JUGA: Lawan Badan Lemas dengan 4 Makanan Ini

Konon, ada banyak kalori yang sudah Anda bakar. Pada dasarnya, ini adalah rumus sederhana.

-Anda mulai dengan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat (disebut tingkat metabolisme basal/ basal metabolic rate). BMR bervariasi tergantung pada berat badan, tinggi badan dan usia Anda, tetapi bisa dihitung dengan kalkulator, tetapi sekitar 45 kalori per jam.

"BMR diukur setelah 8 jam tidur, dalam keadaan berpuasa dan dalam kondisi suhu netral," kata Christopher Winter, MD, peneliti tidur.

Tubuh Anda membakar sebagian besar kalori saat tidur nyenyak, ketika otak Anda paling aktif karena dia membutuhkan oksigen yang paling banyak untuk berfungsi. 

Kita melewati beberapa tahapan tidur (cahaya ke dalam dan REM) sekitar setiap 90 menit dan mengulangi siklus ini beberapa kali pada malam hari.

Dan juga, aktivitas metabolik juga berputar sepanjang malam. Tidur REM, karena mereka sementara kita bangun.

Menurut American Academy of Sleep Medicine, Anda harus tidur di ruangan yang berukuran antara 15-21 derajat Celcius.

"Tidur di ruang yang lebih dingin memaksa tubuh membakar lebih banyak kalori agar Anda tetap hangat," kata Winter.

Anda juga harus yakin untuk mendapatkan tidur yang cukup, karena kurang tidur bisa berdampak buruk pada keseluruhan metabolisme Anda.

"Semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan, maka akan semakin lambat tubuh Anda membakar kalori untuk mempertahankan energi yang bisa menyebabkan metabolisme Anda melambat," pungkas Winter.

Intinya: Jika Anda menjaga kamar Anda tetap sejuk dan gelap agar Anda mendapatkan tidur 7-9 jam yang direkomendasikan per malam. Dengan cara itu, Anda akan lebih mungkin membakar beberapa ratus kalori saat tidur.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Kiat Tidur Nyenyak untuk Penderita Migrain


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler