5 Makanan dan Minuman Ini Bantu Redakan Pilek Anak Anda

Rabu, 23 Agustus 2023 – 02:01 WIB
Sup ayam. Foto: bedbathandbeyond

jpnn.com, JAKARTA - SETIAP ibu pasti merasa khawatir saat anak mereka sakit. Ada beberapa penyakit yang biasanya menyerang anak-anak.

Mulai dari demam, pilek, batuk, flu, hingga diare. Saat anak sakit, biasanya mereka rewel.

BACA JUGA: 5 Obat yang Ampuh Atasi Pilek dengan Cepat

Sebagai seorang ibu, Anda tentu ingin anak kamu segera sembuh. Namun, meskipun anak Anda akan terlihat tertekan, tubuhnya mampu melawan mikroba untuk menangkal infeksi.

Inilah saatnya Anda harus memastikan bahwa si kecil banyak beristirahat disertai dengan nutrisi yang cukup agar lebih cepat pulih.

BACA JUGA: Tingkatkan Konsentrasi Anda dengan Mengonsumsi 6 Makanan Bergizi Ini

Anak Anda kemungkinan besar mengalami penurunan nafsu makan selama pilek.

Namun, penting untuk diingat bahwa pola makan yang tepat bisa meningkatkan kekebalannya dan membantu pemulihan yang cepat.

BACA JUGA: Ingin Kulit Lebih Bercahaya dan Bersih, Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini

Berikut adalah makanan dan minuman menenangkan yang bisa Anda berikan kepada anak yang sakit, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Sup Ayam

Sudah menjadi rahasia umum bagaimana semangkuk sup ayam hangat bisa meringankan hampir semua hal, mulai dari hidung tersumbat hingga sakit perut.

Dibuat dengan potongan ayam, tulang, rempah-rempah, dan sayuran seperti seledri dan wortel, sup ayam merupakan makanan yang mudah dicerna.

Sup ayam memiliki tindakan antiinflamasi yang kuat serta kemampuan membersihkan dahak dari saluran pernapasan lebih cepat.

Mengonsumsi dua mangkuk sehari adalah semua yang dibutuhkan anak Anda untuk membuatnya merasa kenyang sekaligus meningkatkan kekebalannya.

Kaldu tulang juga merupakan alternatif yang sehat untuk sup ayam, asalkan masih hangat dan baru dibuat.

2. Bubur

Bubur adalah makanan berbahan dasar cairan yang telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga gizi anak yang sakit.

Saat menderita flu, anak sering menolak makan dengan benar.

Daripada kehilangan akal, orang tua harus berkreasi dengan resep sederhana seperti bubur yang sehat dan enak.

Siapkan bubur dengan nasi, oatmeal atau semolina dalam susu atau air tergantung pada keinginan anak Anda.

Anda bahkan bisa meningkatkan nilai gizi bubur dengan menambahkan almond yang dihancurkan atau irisan buah ke dalamnya.

Para peneliti telah membuktikan bahwa hal itu akan membuat anak Anda merasa segar kembali dan kenyang, terutama jika pilek disertai diare.

3. Jus Buah

Buah-buahan seperti apel, jeruk, delima, dan pisang bisa dengan mudah dijus.

Tahan diri dari memberi minuman jus kemasan anak Anda yang sakit karena sarat dengan pemanis buatan dan zat tambahan lainnya yang bisalebih berbahaya baginya.

Yang terbaik adalah menggunakan blender Anda dengan baik dengan menambahkan buah-buahan dan madu yang lezat untuk mendapatkan jus yang berwarna dan meningkatkan kekebalan.

4. Sup Sayuran

Sup adalah cara yang bagus untuk memasukkan beberapa antioksidan, mineral, dan vitamin penting ke dalam makanan anak Anda.

Kacang, wortel, seledri, sayuran hijau, kentang, labu, dan tomat sarat dengan nutrisi serta mudah dicerna saat ditambahkan ke dalam sup.

Sajikan hangat untuk menghibur si kecil dan untuk menambah kerenyahan, padukan dengan roti gandum atau crouton.

5. Air Hangat

Minum air hangat sepanjang hari tidak hanya membuat anak Anda mengalami dehidrasi, tetapi juga membantu mengatasi hidung tersumbat dan sinus.

Isi cangkir atau botol airnya dengan air dan dorong dia untuk minum air.

Anda bahkan bisa menambahkan lebih banyak rasa ke dalam air dengan menambahkan sedikit lemon segar ke dalamnya atau bahkan jahe yang dihancurkan karena keduanya memiliki sifat antimikroba dan penambah kekebalan yang sangat baik.

Selain cairan penangkal dingin di atas, pastikan si kecil mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas agar bisa segera kembali menjadi dirinya yang aktif dan bersemangat.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pilek   Makanan   minuman   air hangat  

Terpopuler