5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Kamis, 17 Agustus 2023 – 02:01 WIB
Ilustrasi Jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BAGI wanita yang baru melahirkan, salah satu hal penting yang harus mereka lakukan adalah menyusui bayinya.

Karena dianjurkan untuk menyusui bayi Anda secara eksklusif selama enam bulan pertama, kamu harus memastikan ASI yang Anda keluarkan benar-benar sehat.

BACA JUGA: Tingkatkan Konsentrasi Anda dengan Mengonsumsi 6 Makanan Bergizi Ini

ASI dikemas dengan antibodi dan komponen khusus yang melindungi sistem kekebalan bayi Anda yang halus, menjaganya tetap aman dari infeksi.

Meskipun Anda bisa menikmati berbagai makanan lezat selama menyusui, ada beberapa yang harus kamu hindari.

BACA JUGA: Ingin Kulit Lebih Bercahaya dan Bersih, Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini

Mari kita lihat beberapa makanan dan minumanyang harus Anda hindari saat menyusui bayi kamu, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Alkohol

Sebagai ibu menyusui, Anda harus sangat berhati-hati dengan minuman alkohol. Itu bisa masuk ke ASI Anda dan memengaruhi bayi Anda.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 3 Makanan Ini

Jadi, sebelum pergi keluar untuk menemui teman Anda, pastikan untuk memompa ASI untuk bayi kamu untuk disusui nanti.

Namun disarankan, untuk menghindarinya sama sekali saat menyusui.

2. Cokelat

Jika Anda seorang ibu menyusui yang menyukai cokelat, penting untuk memperhatikan berapa banyak yang kamua konsumsi.

Itu karena cokelat mengandung kafein, yang bisa diteruskan ke bayi Anda melalui ASI dan memengaruhinya.

Senyawa lain dalam cokelat, yang disebut theobromine, juga bisa berdampak pada bayi dan menyebabkan mereka merasa mudah rewel dan gelisah, atau sulit tidur.

Beberapa bayi bahkan mungkin mengalami ketidaknyamanan perut karena bahan-bahan tertentu dalam cokelat, seperti padatan susu atau zat tambahan.

3. Makanan pedas

Hindari menambahkan terlalu banyak paprika ke dalam makanan Anda saat menyusui karena ini bisa membuat bayi kamu tidak nyaman.

Makanan pedas menyebabkan gangguan perut dan iritabilitas pada beberapa bayi, jadi sebaiknya kurangi saat menyusui.

4. Buah jeruk

Jeruk, lemon, grapefruits, dan buah jeruk lainnya enak dan dikemas dengan vitamin C, tetapi bisa terlalu asam untuk beberapa bayi.

Keasaman mungkin mengganggu perut halus mereka, menyebabkan kerewelan atau ruam popok. Moderasi adalah kuncinya di sini.

5. Bawang putih

Beberapa bayi sensitif terhadap bawang putih, dan karena ASI bisa menyerap rasa makanan Anda, kamu harus memperhatikan perilaku menyusui bayi Anda.

Jika mereka terlihat rewel atau menolak untuk menyusu, bisa jadi karena mereka tidak menyukai rasa bawang putih pada ASI Anda.

Jika Anda melihat ada perubahan pada perilaku si kecil atau mereka tampak terganggu dengan rasa bawang putih, cobalah menghindarinya saat makan.

Dengan memperhatikan makanan dan minuman ini untuk dihindari, Anda akan menciptakan lingkungan pengasuhan dan sehat bagi kamu dan bayi Anda selama masa ikatan dan pertumbuhan khusus ini.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler