5 Makanan Sehat yang Bantu Cegah Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

Rabu, 13 April 2022 – 06:19 WIB
Ilustrasi Tomat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SETIAP wanita pasti ingin wajah mereka selalu terlihat awet muda dan bebas kerutan.

Untuk mencegah penuaan dini agar wajah selalu terlihat awet muda, berbagai perawatan kecantikan banyak dilakukan wanita.

BACA JUGA: Cegah Penuaan Dini dengan 4 Cara Mudah Ini

Memang, mencegah penuaan dini membutuhkan waktu, usaha dan kesabaran seorang wanita.

Namun, selain melakukan perawatan wajah, beberapa makanan sehat bisa membantu mencegah penuaan dini.

BACA JUGA: 11 Makanan Sehat Musuh Besar Penderita Penyakit Ginjal

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

https://www.pulse.ng/lifestyle/beauty-health/6-foods-that-fight-wrinkles-and-premature-aging/x65sw6l?fbclid=IwAR29rt4G-nl8HkCtD8ST6zeVNHDzbWd-COjauNHMdbwB5quxbuCdy2-D0PU.

BACA JUGA: Cegah Penuaan Dini, Konsumsi Saja 4 Vitamin Ini

1. Tomat

Makan sayuran ini bisa menangkal (ultra-voilet) kerusakan akibat UV seperti keriput, berkat likopen, pigmen yang memberi mereka warna merah yang kaya.

Tomat yang dimasak juga baik untuk kulit Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita menyerap likopen lebih mudah dari pasta tomat daripada dari tomat segar.

2. Oatmeal

Makan oat gulung dan makanan sehat kaya serat lainnya seperti roti gandum dan buah bisa mengurangi risiko Anda terkena sejumlah penyakit kanker, penyakit jantung, masalah pernapasan, atau depresi.

Siapkan oatmeal semalaman dengan yogurt Yunani polos dan buah, atau taburkan oat di atas mangkuk smoothie.

3. Telur

Telur adalah sumber yang kaya protein dan mengandung 9 asam amino esensial, bersama dengan vitamin D, yang semuanya sempurna untuk kulit Anda.

Jika Anda pernah mendengar bahwa telur meningkatkan kadar kolesterol darah, kamu bisa melupakan mitos lama itu, karena sebenarnya tidak ada dasarnya.

Selalu makan telur organik, telur organik, karena ini mengandung paling banyak vitamin dan protein yang akan membantu memperbaiki warna kulit Anda.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak yang baik untuk kulit Anda, juga mengandung glutathione, yang merupakan senyawa yang dikenal untuk melawan anti penuaan.

Alpukat mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan glutathione akan membantu menghentikan kerutan dan jerawat, yang telah terbukti memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan jenis kanker tertentu.

5. Madu

Jika gigi manis Anda mulai bertingkah, cobalah madu organik mentah daripada jenis gula lainnya.

Madu mentah adalah antivirus alami dan kaya akan antioksidan, meskipun secara teknis adalah gula, alami sehingga tidak menyebabkan peradangan atau bintik-bintik merah seperti gula putih.

Madu sangat baik untuk kulit Anda. Anda bahkan bisa menggunakannya sebagai pencuci muka.

6. Kacang

Makan kacang sebagai bagian dari diet seimbang bisa memperpanjang umur Anda dengan membantu mencegah penyakit kronis, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan penurunan kognitif.

Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dan kedua senyawa tersebut telah dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung dan risiko diabetes tipe 2.

Karena semua faktor vaskular telah dikaitkan dengan kognisi, kacang berpotensi memperlambat penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler