5 Manfaat Berlari Bagi Tubuh

Rabu, 18 Oktober 2017 – 23:12 WIB
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Di samping itu, lari juga bisa memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.

BACA JUGA: Berhenti Berolahraga? 7 Hal ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda

Selain bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung bisa memengaruhi beberapa bagian tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat lari bagi tubuh, seperti dilansir laman NYPOST, Selasa (17/10).

BACA JUGA: Makanan dan Minuman yang Perlu Dikonsumsi Usai Olahraga

1. Sistem pencernaan.

Sakit perut atau kram merupakan masalah umum bagi pelari. Ini karena tubuh kita menggerakkan darah ke arah otot kita dan menjauh dari usus.

BACA JUGA: Inilah 6 Cara Terbaik untuk Detoks Tubuh

Akibatnya, pencernaan makanan mulai melambat dan justru mengapa makan besar sebelum berlari bukan merupakan ide bagus.

Meskipun penting untuk membakar tubuh sebelum berlari, selalu memilih mengonsumsi sesuatu yang kecil dan ringan seperti sepotong buah atau sandwich.

2. Otak.

Bila Anda berlari jauh, maka hal ini akan memicu pelepasan endorfin, zat kimia otak yang menghasilkan perasaan euforia dan bahkan bisa membuat tubuh merasa nyeri.

Neurotransmiter lainnya termasuk dopamin, yang merangsang perasaan senang dan serotonin, yang berperan dalam pengaturan suasana hati.

Faktor-faktor ini kemungkinan besar berkontribusi pada efek penguat mood yang segera meningkat serta mengurangi gejala stres, kecemasan dan depresi.

3. Kehilangan lemak.

Secara umum, jumlah energi "dalam" versus energi "keluar" adalah apa yang menentukan berat badan kita dan berlari bisa menciptakan defisit kalori dan meningkatkan kehilangan lemak melalui pengeluaran energi.

Menurut alat Bupa Energy Burned, jika berat badan Anda adalah 64 kg dan Anda mengatur kecepatan 4 mil per jam, Anda bisa membakar sekitar 130 kalori hanya dalam 20 menit.

Seiring dengan daya tahan tubuh, berlari juga memperkuat tulang, otot dan meningkatkan metabolisme, namun pada titik tertentu.

4. Jantung dan paru-paru.

Setiap kali Anda berlari, idenya adalah untuk meningkatkan penyerapan oksigen maksimal, yang mengukur seberapa efisien Anda menggunakan oksigen.

Ukuran ini dianggap sebagai salah satu indikator kebugaran kardiovaskular terbaik dan serapan oksigen yang lebih tinggi pada gilirannya memungkinkan otot meningkatkan kapasitasnya untuk menghasilkan energi secara efisien.

5. Suhu tubuh.

Suhu tubuh kita meningkat saat berlari, terutama pada saat cuaca panas, namun keringat Anda (yang berbeda pada semua orang) benar-benar bisa menurunkan suhu tubuh inti, terutama di iklim yang lebih dingin dan dalam beberapa kasus menyebabkan hipotermia

Kuncinya adalah berpakaian dengan tepat dan memakai lapisan yang bisa ditambahkan atau dilepas seperlunya untuk melindungi dari cidera cuaca dingin atau panas.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Jenis Olahraga ini Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak loh


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Lari   Olahraga  

Terpopuler