5 Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Sabtu, 25 April 2020 – 11:55 WIB
Kurma. Foto HelloSehat

jpnn.com - Buah kurma yang telah dikenal selama lebih dari 6.000 tahun ini sering hadir menemani indahnya waktu buka puasa di bulan Ramadan.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa buah asal Timur Tengah ini mengandung beragam zat gizi yang mampu menunjang kesehatan tubuh Anda.

BACA JUGA: mengunjungi perkebunan kurma di australia

“Selain memiliki rasa yang enak, kurma juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat melimpah. Hal ini pula yang membuat banyak orang gemar mengonsumsi buah ini,” kata dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

Manfaat Kurma

Kurma memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan C, protein, hingga mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium, dan zink. Berkat adanya nutrisi tersebut, buah yang identik dengan warna kecokelatan ini memiliki manfaat sebagai berikut:

BACA JUGA: 3 Manfaat Konsumsi Kurma Selama Menjalankan Ibadah Haji

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah kurma disebut mampu menurunkan kadar kolesterol, sehingga memperkecil risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA: 8 Menu Sahur ini Membuat Anda Berenergi Sepanjang Hari di Bulan Ramadan

2. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Menurut dr. Karin Wiradarma, buah yang umumnya dikonsumsi masyarakat Timur Tengah ini juga bisa menurunkan risiko osteoporosis alias penyakit pengeroposan tulang.

3. Mencegah Sembelit

Dikatakan oleh dr. Karin, kurma memiliki efek laksatif. Ini berarti bahwa buah tersebut mampu memperlancar saluran pencernaan, sehingga sembelit atau konstipasi bisa teratasi.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Kurma juga diketahui dapat menurunkan risiko diabetes. Ini karena buah tersebut memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan fungsi pankreas di dalam tubuh.

“Kurma bisa meningkatkan produksi insulin dan menghambat penyerapan gula dalam usus. Ini berarti kurma memiliki fungsi anti-diabetes," ungkap dr. Karin.

5. Menyehatkan Ginjal

Kurma juga diketahui dapat melindungi ginjal dari kerusakan. Jika dikonsumsi secara rutin dan pada porsi yang tepat, kurma bahkan bisa mengoptimalkan fungsi ginjal dalam menyaring racun.

Selain yang telah disebutkan, kurma juga disebut-sebut bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat ini khususnya dirasakan jika Anda mengonsumsi susu kurma.

Berkat adanya beragam manfaat di atas, apakah Anda tertarik untuk mulai mengonsumsi buah kurma setiap hari? Jika ya, pastikan Anda mengonsumsi pada porsi yang sesuai dan di waktu yang tepat. Dengan demikian, sederet manfaat sehatnya bisa segera Anda rasakan.(NWS/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler