5 Manfaat Daun Kari, Diabetes dan Kolesterol Langsung Ambrol

Senin, 17 Januari 2022 – 07:57 WIB
Ilustrasi daun kari. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - DAUN kari biasanya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan kuliner India.

Daun kari ternyata tidak hanya bisa menambah aroma dan rasa dalam berbagai hidangan kari, tetapi juga mengandung berbagai manfaat sehat.

BACA JUGA: 5 Manfaat Rebusan Air Daun Kari Campur Madu, Selamat Tinggal Penyakit Ganas Ini

Dikemas dengan karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, daun kari membantu fungsi jantung Anda lebih baik, melawan infeksi dan bisa merawat rambut dan kulit Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Timesofindia.

BACA JUGA: 6 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kari, Bisa Menstabilkan Gula Darah Lho

1. Membantu mencegah anemia

Daun kari merupakan sumber yang kaya zat besi dan asam folat.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Saat Anda memakan Kari

Asam folat terutama bertanggung jawab untuk membawa dan membantu tubuh menyerap zat besi, dan karena daun kari adalah sumber yang kaya dari kedua senyawa tersebut, ini adalah obat alami untuk mengalahkan anemia.

2. Melawan diabetes

Daun kari tidak hanya membantu menurunkan kadar gula darah, tetapi juga tetap terkendali selama beberapa hari setelah mengonsumsi daun ini.

Daun kari membantu kadar gula darah Anda dengan memengaruhi aktivitas insulin tubuh dan mengurangi kadar gula darah seseorang.

Selain itu, jenis dan jumlah serat yang terkandung dalam daun kari memainkan peran penting dalam menurunkan kadar gula darah.

Jadi, jika Anda menderita diabetes, daun kari adalah metode alami terbaik untuk menjaga kadar gula darah tetap aman.

3. Meningkatkan pencernaan

Daun kari dikenal untuk membantu meningkatkan pencernaan dan mengubah cara tubuh Anda menyerap lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Karena penambahan berat badan adalah salah satu penyebab utama diabetes, daun kari mengatasi masalah ini sampai ke akarnya.

4. Menurunkan kolesterol

Banyak penelitian menunjukkan daun kari memiliki khasiat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah seseorang.

Dikemas dengan antioksidan, daun kari mencegah oksidasi kolesterol yang membentuk kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Ini pada gilirannya membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dan melindungi tubuh Anda dari kondisi seperti penyakit jantung dan aterosklerosis.

5. Mencegah rambut beruban

Daun kari selalu dikenal untuk membantu mencegah rambut beruban.

Juga sangat efektif dalam merawat rambut rusak, mencegah rambut lepek, menguatkan batang rambut tipis, rambut rontok dan mengobati ketombe.

Bagian terbaik tentang manfaat daun kari ini adalah Anda bisa memilih untuk memakan daun kari untuk membantu masalah rambut atau mengoleskannya ke kulit kepala sebagai obat.(fny/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler