5 Manfaat Kubis yang Bikin Kaget, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Rabu, 03 April 2024 – 02:01 WIB
Ilustrasi Jus kubis. Foto: naturalfoodseries

jpnn.com, JAKARTA - KUBIS merupakan salah satu jenis sayuran populer yang banyak dikonsumsi orang.

Rendah kalori dan kaya nutrisi penting, kubis adalah pilihan makanan serbaguna.

BACA JUGA: Baik untuk Jantung, Ini 11 Manfaat Kubis yang Perlu Anda Ketahui

Kubis digunakan untuk menyiapkan berbagai macam makanan seperti sup, salad, dan hidangan gurih yang dipanggang atau berbahan dasar kuah.

Sayuran ini berwarna hijau, putih, atau ungu, dan termasuk dalam genus sayuran 'Brassica', yang meliputi brokoli, kembang kol, dan kangkung.

BACA JUGA: 4 Khasiat Jagung Manis, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Kubis memberikan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengatur berat badan hingga menurunkan tekanan darah, dan rendah kalori.

Berikut manfaat menambahkan kubis ke dalam menu makanan Anda, seperti dikutip laman Healthshots.com.

BACA JUGA: 6 Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Ampuh Obati Beberapa Penyakit Ini

1. Dikemas dengan nutrisi

Sayuran rendah kalori (22 kalori per porsi) ini mengandung protein, folat, potasium, magnesium, dan kalsium. Ini juga mengandung sejumlah vitamin, seperti K, B6, dan C.

Nutrisi ini membantu memfasilitasi fungsi penting tubuh seperti metabolisme dan sistem saraf.

Sesuai penelitian Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, kubis kaya serat dan mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Membantu mengurangi peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan banyak penyakit serius seperti penyakit jantung, artritis reumatoid, dan penyakit radang usus.

Sayuran kucifer (tanaman dari keluarga kubis) seperti kubis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan kronis.

Antioksidan seperti sulforaphane dan kaempferol yang ditemukan dalam kubis memberikan efek antiinflamasi, berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Clinical Phytoscience.

3. Membantu pencernaan

Sayuran ini mengandung serat tidak larut yang ramah usus. Sesuai penelitian yang diterbitkan oleh World Journal of Gastroenterology, serat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menambah massa tinja dan melancarkan buang air besar secara teratur.

4. Manajemen berat badan

Kubis rendah kalori. Faktanya, satu cangkir kubis yang dimasak hanya memiliki 34 kalori, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengatur berat badan.

Kubis juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang meningkatkan tingkat energi dan menciptakan rasa kenyang di perut.

Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Nutrition Reviews, peningkatan asupan serat larut atau tidak larut meningkatkan rasa kenyang setelah makan dan mengurangi rasa lapar berikutnya.

5. Mengatur tekanan darah

Kubis adalah sumber kalium yang sangat baik, yang merupakan mineral dan elektrolit penting yang meningkatkan fungsi tubuh, termasuk tingkat tekanan darah.

Tekanan darah tinggi bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa, jika tidak ditangani tepat waktu melalui intervensi yang berorientasi pada pola makan dan olahraga.

Kalium membantu mengatur tekanan darah dengan melawan efek kandungan natrium dalam tubuh.

Faktanya, menurut American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism, makan kubis yang kaya potasium adalah cara yang enak untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu menjaganya dalam kisaran yang sehat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kulit Tetap Awet Muda dengan Rajin Minum Jus Kubis, Catat Resepnya


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler