5 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa, Deretan Penyakit Kronis Ini Tidak Berdaya

Jumat, 29 Juli 2022 – 06:13 WIB
Ilustrasi kunyit. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KUNYIT merupakan salah satu bumbu masakan yang selalu tersedia di dapur.

Selain itu, kunyit juga telah lama dikenal sebagai salah satu herbal alami yang bisa mengatasi beberapa penyakit.

BACA JUGA: 10 Manfaat Susu Kunyit yang Luar Biasa

Hal ini tentu saja tidak lain karena kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kunyit yang mengandung kurkumin secara teratur bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan, melindungi dan memperbaiki saraf yang rusak, menstabilkan kadar gula dan meningkatkan antioksidan.

BACA JUGA: 9 Manfaat Daun Salam, Selamat Tinggal Penyakit Kronis Ini

Untuk mendapatkan yang terbaik dari ekstrak ampuh ini, gabungkan dengan lemak baik seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, dan ekstrak lada hitam yang dikenal sebagai piperine.

Kapsul kurkumin mudah didapat di toko medis, tetapi konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mulai mengonsumsi suplemen.

BACA JUGA: Waspada, Penderita 4 Penyakit Kronis Ini Sebaiknya Hindari Mengonsumsi Pepaya

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Femina.in.

https://www.femina.in/wellness/home-remedies/5-important-health-benefits-of-curcumin-11377.html?fbclid=IwAR04lcBo3Y7eGNvvYv7V7x1I2xCHzISHZ6VHm9UACqJO7mmIwWzy3-Qb_nM.

1. Antiinflamasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antiinflamasi kurkumin dalam kunyit kuat benar-benar bisa membantu tubuh mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kurkumin mampu meredakan peradangan di lapisan tengah mata, dan juga mengurangi peradangan ginjal.

2. Diabetes

Manfaat kunyit selanjutnya ialah bisa membantu mengatasi penyakit kronis diabetes.

Curcumin mengatur kadar gula darah dan meningkatkan fungsi reseptor insulin tubuh, juga mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh enzim hati berbahaya yang melepaskan gula ke dalam aliran darah.

3. Kanker

Sifat antiangiogenik kurkumin yang terkandung dalam kunyit dipercaya bisa menghentikan sel kanker dari pembentukan pembuluh darah baru untuk suplai darah dan bahan bakar.

Mereka juga dikatakan menghancurkan mitokondria sel kanker, mengganggu siklus sel kanker dan mencegah pembentukan sel kanker lebih lanjut.

4. Kolesterol

Kurkumin secara signifikan bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, bila dikonsumsi secara teratur dan dibarengi dengan diet sehat dan kebugaran rutin.

Dalam beberapa kasus, penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol serum berkurang sebesar 17 persen dan trigliserida sebesar 47 persen.

Curcumin juga telah dikenal untuk meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik.

5. Pereda nyeri

Sifat antiinflamasi curcumin juga menawarkan bantuan dari sakit dan nyeri, dan sendi kaku.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita radang sendi dan nyeri sendi telah melaporkan peningkatan yang cukup besar setelah mengonsumsi suplemen kurkumin yang diperkaya dengan ekstrak piperin atau lada hitam.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler