5 Manfaat Yoga yang Tidak Terduga untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 15 Juli 2022 – 04:39 WIB
Yoga atau meditasi di pantai. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah mendengar yoga? Yoga merupakan salah satu olahraga populer.

Yoga merupakan olahraga yang fokus pada meditasi yang melibatkan teknik peregangan, pernapasan, dan fleksibilitas tubuh Anda.

BACA JUGA: 9 Manfaat Yoga yang Tidak Terduga, Nomor 4 Bikin Kaget

Yoga benar-benar bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah.

Yoga juga bisa meningkatkan kesehatan seksual Anda, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan bahkan mengatasi migrain dan insomnia.

BACA JUGA: Suka Yoga, Ini 5 Manfaatnya yang Luar Biasa

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/health-benefits-of-yoga-145230/?fbclid=IwAR21FecdUicg8tvIaXArpVkjEhWVDJ1G4NPg200AzEtXAffDmwxFFyGeTfE.

BACA JUGA: Yoga dan Kaitannya dengan Depresi

1. Ini adalah latihan tubuh total

Oolahraga kini telah menjadi identik dengan terengah-engah di gym.

Namun, itu belum tentu satu-satunya cara untuk berolahraga. Yoga memberi Anda semua yang bisa dilakukan oleh gym, tetapi dengan cara yang damai, aman dan lebih holistik.

Manfaat yoga bisa membantu meregangkan otot-otot di tubuh Anda, memberi Anda perut yang keras, lengan yang kuat, kencang bokong, punggung dan kaki yang kuat.

Bagian terbaik dari latihan ini adalah bisa dilakukan sesuai kecepatan Anda dan menggabungkan latihan kardio, fungsional, dan kekuatan menjadi satu.

2. Membantu Anda menguasai pernapasan dengan benar

Saat Anda melakukan berbagai pose dalam yoga, kamu diajarkan untuk menarik dan mengeluarkan napas dengan kecepatan dan cara tertentu.

Pernapasan yang berulang dan terkontrol ini membantu memasok sejumlah besar oksigen segar ke seluruh bagian tubuh Anda.

Mengingat oksigen adalah satu-satunya hal yang dibutuhkan dalam jumlah besar saat berolahraga, yoga memberi tubuh dan otot Anda semua yang mereka butuhkan untuk menjadi sehat dan kencang.

Selain itu semua pernapasan meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, mencegah timbulnya kram, dan membantu seluruh tubuh Anda bekerja secara optimal.

3. Ini akan menenangkan pikiran Anda

Yoga menuntut agar praktis berkonsentrasi dan fokus pada apa yang dikatakan tubuh untuk memperhatikan pola pernapasan.

Berkonsentrasi pada rasa sakit dan nyeri yang mungkin mereka rasakan dan menenangkan pikiran untuk sekadar berkonsentrasi pada diri mereka sendiri.

Selain itu, seluruh latihan ini tidak terlalu merangsang tubuh dan pikiran membuat Anda lebih tenang.

Selain itu, pernapasan dalam juga membantu Anda lebih fokus secara efisien, membuat Anda lebih baik dalam semua aspek kehidupan Anda.

4. Ini akan meningkatkan fleksibilitas Anda

Pernah ingin menyentuh jari kaki dengan jari tanpa menekuk lutut?

Nah, yoga bisa membantu dengan itu. Latihan yoga membantu tubuh mendapatkan kembali kelenturannya dengan lembut dengan meregangkan otot-otot di berbagai area tanpa membahayakan mereka.

Bagian terbaik tentang yoga adalah ketika Anda terus melakukannya, kamu akan melihat bahwa fleksibilitas Anda meningkat pesat.

Fleksibilitas tidak dinilai berlebihan, ini tidak hanya membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tetapi juga membantu melindungi kamu dari cedera saat berolahraga.

Yoga membantu Anda menjadi lebih kuat dan lebih mampu memenuhi tuntutan kehidupan sehari-hari.

5. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa berlatih yoga benar-benar bisa membantu mempromosikan pola makan yang penuh perhatian.

Ini adalah praktik di mana seseorang memperhatikan makanan yang mereka makan dan membuat pilihan yang bijaksana tentang apa yang baik untuk tubuh mereka.

Studi ini menemukan bahwa karena teknik pernapasan yang diikuti selama latihan yoga, itu memperkuat koneksi pikiran-tubuh dan membantu Anda mengatasi emosi yang memicu stres makan.

Selain itu yoga adalah bentuk latihan yang sangat efektif yang bisa dilakukan bahkan oleh orang gemuk, memberi mereka kesempatan untuk menurunkan berat badan dengan melakukan bentuk latihan yang mengencangkan seluruh tubuh, mendorong sistem metabolisme dan membantu membakar lemak yang mengarah ke penurunan berat badan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler