9 Manfaat Yoga yang Tidak Terduga, Nomor 4 Bikin Kaget

Jumat, 27 Mei 2022 – 05:04 WIB
Yoga atau meditasi di pantai. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - OLAHRAGA merupakan kegiatan fisik yang wajib dilakukan semua orang.

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Mulai dari olahraga dengan intensitas rendah, sedang hingga berat.

BACA JUGA: Suka Yoga, Ini 5 Manfaatnya yang Luar Biasa

Salah satu olahraga yang banyak dilakukan kaum wanita ialah yoga.

Yoga menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental bagi orang-orang dari segala usia.

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Pria Harus Melakukan Yoga

Jika Anda sedang terserang penyakit, pulih dari operasi atau hidup dengan kondisi kronis, yoga bisa menjadi bagian integral dari perawatan Anda dan berpotensi mempercepat penyembuhan.

Seorang terapis yoga bisa bekerja dengan pasien dan menyusun rencana individual yang bekerja sama dengan terapi medis dan bedah mereka.

BACA JUGA: 4 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Dengan begitu, yoga bisa mendukung proses penyembuhan dan membantu orang tersebut mengalami gejala dengan lebih terpusat dan lebih sedikit tekanan.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Hopkinsmedicine.

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-benefits-of-yoga?fbclid=IwAR3Bh0LYcsSJsNhv7rpHERd7sao0GN_o0pBtEtbct3-oFlKyg5EBc1HX39c.

1. Yoga meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas

Gerakan lambat dan pernapasan dalam meningkatkan aliran darah dan menghangatkan otot, sambil menahan pose bisa membangun kekuatan.

2. Yoga membantu meredakan nyeri punggung

Manfaat yoga lainnya bisa membantu meredakan nyeri punggung.

Yoga sama baiknya dengan peregangan dasar untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas pada orang dengan nyeri punggung bawah.

American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah kronis.

3. Yoga bisa meredakan gejala radang sendi

Yoga yang lembut telah terbukti meredakan beberapa ketidaknyamanan pada persendian yang bengkak dan lunak bagi penderita radang sendi.

4. Yoga bermanfaat bagi kesehatan jantung

Latihan yoga secara teratur bisa mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, berkontribusi pada kesehatan jantung.

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan, juga bisa diatasi melalui yoga.

5. Membantu Anda tidur lebih nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas yoga sebelum tidur yang konsisten bisa membantu Anda mendapatkan pola pikir yang benar dan mempersiapkan tubuh untuktidur.

6. Yoga bisa berarti lebih banyak energi dan suasana hati yang lebih cerah

Anda mungkin merasakan peningkatan energi mental dan fisik, peningkatan kewaspadaan dan antusiasme, dan lebih sedikit perasaan negatif setelah melakukan rutinitas berlatih yoga.

7. Yoga membantu Anda mengelola stres

Menurut National Institutes of Health, bukti ilmiah menunjukkan bahwa yoga mendukung manajemen stres, kesehatan mental, perhatian, makan sehat, penurunan berat badan, dan kualitas tidur.

8. Yoga menghubungkan Anda dengan komunitas yang mendukung

Berpartisipasi dalam kelas yoga bisa mengurangi kesepian dan menyediakan lingkungan untuk penyembuhan dan dukungan kelompok.

Bahkan selama sesi satu-satu, kesepian berkurang karena seseorang diakui sebagai individu yang unik, didengarkan dan berpartisipasi dalam pembuatan rencana yoga yang dipersonalisasi.

9. Yoga mempromosikan perawatan diri yang lebih baik

Militer AS, Institut Kesehatan Nasional, dan organisasi besar lainnya mendengarkan dan menggabungkan validasi ilmiah tentang nilai yoga dalam perawatan kesehatan.

Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat yoga dalam arthritis, osteopenia, masalah keseimbangan, onkologi, kesehatan wanita, nyeri kronis dan spesialisasi lainnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler