5 Tip Jalani Investasi Emas Online dengan Aman

Selasa, 27 Februari 2024 – 15:22 WIB
Investasi emas online dengan aman agar mampu meraih peluang cuan maksimal dengan tujuan yang jelas. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Emas masih menjadi salah satu investasi primadona pilihan investor.

Selain itu, investasi emas mampu memberi peluang imbal hasil yang stabil dan nyaris tidak pernah mengalami penurunan signifikan.

BACA JUGA: Aplikasi Ini Berikan Kemudahan untuk Investasi Emas Dinar

Hal tersebut menjadikan komoditas itu sebagai pilihan ideal untuk melindungi aset dari dampak inflasi dan meraih imbal hasil jangka panjang.

Bicara soal investasi emas, tahukah Anda tentang kehadiran layanan emas digital yang cukup menjamur beberapa tahun belakangan?

BACA JUGA: Masyarakat Mulai Berburu Investasi Emas

Emas digital adalah layanan investasi emas online dan dapat menjadi alternatif investasi yang mudah, praktis, serta bisa dijangkau oleh masyarakat dari lebih banyak kalangan.

Meski begitu, sebelum terjun ke dunia investasi emas digital, ada sejumlah hal penting yang perlu diketahui oleh investor pemula.

BACA JUGA: Makin Lengkap, Kini Investasi Emas Bisa lewat BRImo

Berikut 5 tip menjalani investasi emas online dengan aman agar mampu meraih peluang cuan maksimal dengan tujuan yang jelas.

1. Buat Tujuan Investasi yang Jelas

Ketika memutuskan untuk berinvestasi atau menanam modal, apa pun jenis instrumen yang dipilih, Anda wajib memiliki tujuan yang jelas.

Hal itu berlaku pula ketika berinvestasi di produk emas online.

Alasannya karena tujuan investasi itu menentukan tentang bagaimana strategi terbaik mengelola modal investasi, termasuk jangka waktunya.

Sebagai contoh, tujuan investasi bisa berupa mengumpulkan modal bisnis, membeli properti atau kendaraan, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Meski begitu, terlepas dari tujuan investasi yang hendak diraih, Anda perlu menyesuaikan nominal emas yang ingin dibeli dengan kemampuan bayar.

Dalam kata lain, walaupun mempunyai tujuan finansial yang tinggi, tetap buat rencana investasi yang realistis dan jangan memaksakan keuangan untuk memenuhinya hingga kebutuhan lain yang lebih penting tak terpenuhi.

2. Rutin Pantau Nilai Emas pada Platform

Harga emas memang dalam jangka panjang selalu menunjukkan pergerakan yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, hal tersebut tak berarti harga emas selalu naik dan tak pernah menurun.

Seiring waktu berjalan, harga emas selayaknya instrumen investasi lainnya juga mengalami fluktuasi. Artinya, ada kalanya harga emas meningkat, tapi ada kalanya juga melandai tergantung dari kondisi pasar.

Mengetahui hal tersebut, Anda perlu rutin memantau nilai emas pada platform investasi emas online yang dipilih.
Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli emas maupun menjualnya.

Tentunya, hanya jual emas saat harganya sedang tinggi, dan maksimalkan pembelian ketika nilainya menurun untuk meraih imbal hasil optimal.

3. Lakukan Transaksi di Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya

Berinvestasi pada aset berharga seperti emas tentu memiliki risikonya tersendiri, khususnya penipuan atau semacamnya.

Oleh karena itu, ketika memutuskan untuk berinvestasi emas online, pastikan untuk hanya melakukan transaksi pada aplikasi atau platform yang terpercaya dan kredibel saja.

Pasalnya, penyimpanan emas digital dilakukan oleh pihak penyedia platform.

Walaupun secara umum lebih aman dari risiko pencurian selayaknya saat investasi emas fisik, tapi investasi emas digital tak seketika terbebas dari risiko penipuan dengan kedok investasi online.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengecek lebih dulu kredibilitas dan legalitas penyedia layanan investasi emas online untuk meminimalkan risiko ini.

4. Cari Tahu Jenis Investasi Emas Digital

Investasi emas dapat dilakukan dengan beragam jenis, mulai dari emas batangan, emas perhiasan, sampai koin emas. Jenis emas tersebut kerap ditemukan pada metode investasi emas offline atau konvensional.

Sementara itu, untuk investasi emas digital atau online, pilihannya adalah tabungan emas, konsinyasi emas, dan transaksi emas.

Seluruh tipe investasi tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tahu dan mengenali setiap jenis investasi emas yang ingin kamu pilih agar bisa menyesuaikan aktivitas investasi nantinya.

5. Kenali Kredibilitas dan Rekam Jejak Platform Investasi

Tips yang terakhir, pastikan untuk berinvestasi emas digital pada platform yang telah terbukti kredibilitas dan rekam jejak layanannya.

Meskipun secara umum lebih aman karena tak harus menyimpan sendiri aset emas di rumah, investasi emas digital memiliki risiko yang datang dari pihak penyedia layanan tersebut.

Jika lengah ketika memilih layanan, bukan tidak mungkin kamu akan terjebak investasi bodong atau penipuan yang mampu memberi kerugian besar.

Karena itu, untuk menghindari hal tersebut, cari tahu dulu kredibilitas dan rekam jejak platform investasi, serta pastikan legalitasnya dengan mengecek status terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Rasakan Sederet Keuntungan dengan Investasi Emas di Platform Digital

Pada dasarnya, kehadiran layanan investasi emas online mampu menjadi opsi tambahan bagi investor yang ingin menanam modal di instrumen tersebut.

Tentunya, metode investasi ini memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Yang terpenting, jika ingin merasakan keuntungannya secara optimal, ikuti tips berinvestasi emas digital seperti yang telah dijelaskan di atas, ya! (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pegadaian: Investasi Emas Semakin Dilirik Untuk Berinvestasi


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler