5 Tips Menjaga Kesehatan Usus, Silakan Dicoba

Jumat, 04 Maret 2022 – 07:25 WIB
Sakit Perut. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - USUS merupakan salah satu organ pencernaan penting manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Menjaga kesehatan usus bukan hal yang sulit Anda lakukan, asal tahu bagaimana caranya.

BACA JUGA: 5 Makanan Lezat yang Ampuh Menjaga Kesehatan Usus

Jika usus tidak dijaga kesehatannya, bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan yang paling umum yang disebabkan oleh stres termasuk mulas, refluks asam, mag, diare, dan gangguan pencernaan.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Usus dengan 12 Makanan Lezat Ini

Stres juga secara tidak langsung bisa memicu perkembangan sindrom iritasi usus besar dengan memengaruhi sistem kekebalan Anda.

Secara efektif mengurangi tingkat stres Anda bisa membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan Anda dan menurunkan sensitivitas usus kamu.

BACA JUGA: 6 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Usus Lho

Selain itu, tingkat stres yang lebih rendah berkontribusi untuk mengurangi gangguan pencernaan yang mungkin Anda alami, sementara pada saat yang sama mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Lifehack.org.

1. Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda

Salah satu cara untuk meningkatkan menjaga kesehatan usus dan pencernaan pada saat yang sama, menurunkan tingkat stres Anda adalah dengan melakukan aktivitas fisik sedang secara teratur.

Aktivitas fisik membantu meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian sistem pencernaan Anda, yang memudahkan makanan bergerak di sepanjang saluran pencernaan sekaligus meningkatkan efisiensi otot-otot pencernaan.

Gerakan makanan di sepanjang saluran pencernaan ini dikenal sebagai peristaltik.

Tanda-tanda umum bahwa peristaltik Anda tidak bekerja secara optimal termasuk sembelit dan diare yang konstan, dan dalam beberapa situasi ekstrem, gangguan motilitas.

2. Pertimbangkan Makanan Pereda Stres Alami

Para ilmuwan juga telah menemukan bahwa beberapa makanan secara alami mengandung sifat meningkatkan suasana hati.

Mengonsumsi makanan tersebut bisa membantu meringankan gejala stres Anda sambil tetap memberikan tubuh nutrisi penting untuk kesehatan yang optimal.

Almond, misalnya, mengandung magnesium tingkat tinggi, mineral yang telah terbukti membantu mengelola kadar kortisol dalam tubuh.

Almond juga mengandung vitamin B tingkat tinggi, yang bersama dengan magnesium, membantu meningkatkan produksi serotonin, penstabil suasana hati yang kuat dan hormon perasaan baik.

3. Coba Suplemen Probiotik

Probiotik juga bisa membantu meningkatkan pencernaan Anda. Jika Anda tidak menyukai makanan probiotik atau sulit mendapatkannya, cobalah suplemen probiotik.

Penelitian telah menunjukkan probiotik memiliki efek luar biasa pada pencernaan, tingkat stres, kekebalan, dan banyak lagi.

4. Hindari Makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan

Sama seperti ada makanan yang baik yang bisa membantu meningkatkan pencernaan dan sekaligus meredakan stres, ada juga makanan yang bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda.

Ingat, saat Anda mengalami stres tingkat tinggi, nafsu makan kamu meningkat, dan Anda lebih cenderung mengonsumsi makanan yang banyak tambahan gula serta lemaknya.

Kedua hal ini diketahui meningkatkan peradangan pada sistem pencernaan manusia, yang mengakibatkan berbagai masalah GI seperti kembung terus-menerus, diare, dan gas yang berlebihan.

Penyebab makanan utama lainnya yang bisa mengganggu fungsi pencernaan Anda termasuk roti olahan, cokelat putih, kopi, dan makanan yang sangat asam.

5. Identifikasi dan Hindari Pemicu Stres Anda

Mengetahui apa yang memicu tingkat stres tinggi Anda bisa membantu Anda mengidentifikasi faktor-faktor ini, dan memungkinkan kamu untuk mengurangi dampaknya terhadap kesejahteraan fisik dan mental.

Terapi perilaku-kognitif (CBT) adalah bentuk terapi yang membantu Anda mengungkap sumber pemikiran negatif serta pemicu yang menyebabkan tingkat stres Anda meningkat.

CBT telah terbukti mengurangi stres pada individu dengan IBS.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler