5 Tips Sukses jadi Key Opinion Leader Influencer

Rabu, 17 Mei 2023 – 17:37 WIB
Shopee Food Market. Foto: dok Shopee

jpnn.com, JAKARTA - Teknologi digital yang berkembang pesat membuka banyak lapangan kerja baru di bidang digital marketing, di antaranya adalah KOL dan influencer.

Sebenarnya apa itu KOL? KOL atau Key Opinion Leader specialist merupakan profesi menjanjikan dan sedang naik daun saat ini. 

BACA JUGA: Influencer Cantik Thea Tak Mau Lakukan Hal Ini, Harap Maklum

KOL adalah orang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian dan pengalaman sebagai sumber yang kredibel untuk digunakan oleh suatu perusahaan dalam mempromosikan produknya.

Influencer adalah seseorang yang berkemampuan memengaruhi keputusan orang lain karena memiliki posisi, otoritas, dan pengetahuan yang berhubungan dengan publik.

BACA JUGA: Dari Ojek Online hingga Honorer Pemda, Dewi Sukses Bangun Bisnis Kecantikan

Jika KOL bekerja di balik layar, seorang influencer bekerja di depan layar, umumnya menggunakan media sosial.

Baik KOL atau influencer, keduanya bukan pekerjaan mudah karena membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus, terutama di dunia digital marketing yang makin kompetitif.

BACA JUGA: 5 Cara Meningkatkan Keamanan Siber dan Mencegah Serangan Online

Namun, siapa saja bisa menjadi profesional yang andal. Anda bahkan bisa menjadi KOL influencer, menggabungkan dua profesi sekaligus.

Tips Sukses menjadi KOL Influencer

Seorang KOL influencer memiliki tanggung jawab besar dalam promosi dan pemasaran sebuah produk meliputi pembuatan konten promosi hingga membentuk pencitraan yang baik terhadap produk yang ditawarkan.

Perusahaan sebagai klien akan menugaskan KOL influencer untuk membuat konten promosi sesuai deskripsi yang diberikan hingga mengunggahnya di media massa. 

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang mumpuni terhadap suatu bidang terkait produk atau promosi yang dilakukan, misalnya pengetahuan tentang food market, agar publik mengerti dan tidak mendapat informasi yang keliru.

Berikut ini beberapa tips yang wajib diterapkan untuk menjadi seorang KOL influencer yang andal.

Tingkatkan Skill dan Pengetahuan

Menjadi seorang KOL influencer membutuhkan skill dan pengetahuan di bidang tertentu, maka jika Anda tertarik ingin bekerja sebagai KOL influencer profesional, harus memenuhi persyaratan dengan memiliki dan terus menambah keahlian, keterampilan, dan pengetahuan di bidang yang dibutuhkan.

Caranya bisa dengan mengikuti kursus digital marketing, mengikuti seminar atau workshop, dan rajin baca buku-buku terkait.

Anda juga harus mengetahui perkembangan tren terkini di bidang digital marketing agar lebih mudah mengaplikasikan skill pada penggunaan media sosial untuk menyebarkan konten promosi dan bentuk image influencer yang andal.

Tambahkan Pengalaman

Skill dan pengetahuan tidak akan ada gunanya bila Anda tidak menambah pengalaman. Satu-satunya cara menambah pengalaman adalah berani menerima job sebagai KOL influencer.  

Dari pengalaman kerja, Anda bisa memelajari kesalahan dan memerbaiki kekurangan yang ada. Pengalaman merupakan guru terbaik yang membuat skill Anda semakin terasah di awal.

 Anda bisa mengikuti pekerjaan yang bersifat volunteer atau mengikuti program internship. Meski tidak mendapatkan penghasilan sesuai keinginan, tetapi dari kedua pengalaman kerja tersebut peluang yang Anda dapatkan bisa lebih terbuka luas.

Jika pengalaman yang Anda dapatkan dirasa sudah cukup, maka Anda bisa menawarkan jasa sebagai seorang KOL influencer andal dan mendapat bayaran yang sesuai.

Bangun Personal Branding

Publik tidak akan tahu apa itu KOL jika Anda tidak mengenalkan diri pada mereka. Mulailah membangun image sebagai seorang KOL influencer profesional yang bisa diandalkan.

Perusahaan membutuhkan pencitraan Anda sebagai wakil mereka dalam mengenalkan produk yang diluncurkan.

Sangat penting bagi seorang KOL influencer  memiliki akun media sosial yang profesional dengan branding image yang menampilkan value dan skill yang ditawarkan.

Anda juga wajib aktif menggunakan media sosial sebagai sarana menyebarkan konten informatif dan bermanfaat terkait produk yang ditawarkan, sekaligus juga menampilkan citra KOL influencer profesional dengan skill dan pengetahuan yang mumpuni.

Memiliki Networking yang Luas

Dengan memahami apa itu KOL sebagai pekerja yang kerap berhubungan dengan promosi dan penjualan, maka Anda tahu harus memiliki jejaring yang luas.

Anda harus membangun hubungan dengan calon klien profesional lainnya serta target market untuk produk yang ditawarkan.

Memerluas networking atau jejaring bisa Anda lakukan melalui media sosial, organisasi profesional, atau komunitas di bidang terkait. Dari sana Anda bisa mendapatkan koneksi yang bagus dan bermanfaat untuk keberlangsungan pekerjaan Anda di masa depan.

Proaktif dan Up to Date

Bersikaplah proaktif dan selalu up to date terhadap perubahan cepat yang kerap terjadi di dunia digital teknologi.

Anda harus terus mencari peluang baru, mengetahui tren terkini dan mengikuti perkembangan yang terjadi. 

Misalnya saja orang masa kini cenderung memilih belanja online yang lebih praktis dan mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui online food market. 

Kebutuhan bahan makanan bisa dipesan dan diantar ke rumah, hanya melalui smartphone tanpa perlu pergi ke pasar segar atau supermarket. 

KOL influencer merupakan pekerjaan penuh tantangan. Jika Anda tidak bekerja keras dan tidak berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan apa skill Anda akan percuma dan tergerus oleh skill baru yang dimiliki oleh profesional lain.

Setelah memiliki pemahaman yang cukup mengenai apa itu KOL dan menerapkan tips di atas, Anda kini bisa memulai karier sebagai KOL influencer profesional.

Sebagai seorang yang akan membuat konten promosi dan membentuk opini untuk memengaruhi orang lain, Anda tentu membutuhkan sejumlah produk yang digunakan sebagai bahan penunjang pembuatan konten.

Misalnya saja untuk promosi produk makanan, Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan mudah melalui Food Market Shopee.

Food Market Shopee menyediakan berbagai macam produk makanan yang bisa membantu Anda menjadi seorang KOL influencer sukses di bidang makanan dan bahan makanan.

Tersedia lengkap bahan makanan berkualitas dari brand ternama yang bisa Anda gunakan. Cukup memesan produk yang Anda inginkan melalui smartphone dan seller Shopee akan mengirimkannya ke rumah Anda.

Anda bisa menggunakan layanan ekspedisi instan agar kualitas makanan tetap terjaga selama dalam perjalanan dan Anda bisa menggunakannya lebih cepat untuk membuat konten promosi.

Raih sukses sebagai KOL influencer makanan bersama Shopee sekarang juga! (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler