5 Cara Meningkatkan Keamanan Siber dan Mencegah Serangan Online

Kamis, 04 Mei 2023 – 16:17 WIB
5 Cara Meningkatkan Keamanan Siber dan Mencegah Serangan Online. Ilustrasi Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Dalam era digital seperti sekarang ini, serangan siber menjadi ancaman yang makin besar bagi individu, perusahaan, dan organisasi di seluruh dunia.

Serangan siber dapat merusak reputasi, menyebabkan kerugian finansial, bahkan dapat mengancam keamanan nasional.

BACA JUGA: Pakar Kemanan Siber Mengaku tak Bisa Merekomendasikan Aplikasi Azan yang Aman

Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu keamanan siber dan bagaimana bisnis dapat melindungi diri dari serangan online.

Chief Information Security Officer snc.id Bruce Hanadi memberikan solusi keamanan siber komprehensif yang dirancang untuk melindungi bisnis dari serangan siber.

BACA JUGA: Serangan Siber Hampir 1 Miliar, Kebutuhan Profesional IT Meningkat Pesat

"Tim kami berkomitmen untuk selalu berada di depan ancaman siber, dan kami yakin bahwa keahlian dan teknologi kami dapat membuat perbedaan nyata dalam melindungi bisnis Anda," kata Bruce Hanadi, dalam keterangannya, Kamis (4/5).

Keamanan siber adalah tindakan untuk melindungi sistem, jaringan, perangkat, dan data dari serangan atau akses yang tidak sah.

BACA JUGA: Irjen Dedi Mengakui Ada Serangan Siber Saat KTT G20 di Bali, Tetapi

Serangan siber dapat berasal dari berbagai sumber seperti peretas, malware, dan phishing, dan dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak diatasi.

Bruce menambahkan ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan siber dan mencegah serangan online, di antaranya:

1. Menggunakan perangkat lunak keamanan yang andal dan selalu perbarui.

2. Pastikan perangkat lunak antivirus dan firewall Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru untuk melindungi sistem Anda dari serangan siber.

3. Gunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan Anda.

4. Jangan klik tautan atau lampiran yang mencurigakan. Hindari membuka email yang tidak Anda kenal atau yang tampak mencurigakan.

5. Lindungi informasi pribadi Anda. Hindari memberikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, nomor rekening bank, atau nomor asuransi sosial melalui email atau situs web yang tidak aman.

Menggunakan jasa keamanan siber snc.id  dapat memberikan efisiensi agar lebih fokus menjalankan bisnis tanpa khawatir serangan siber yang mengancam.

"Kami hadir sebagai solusi komprehensif untuk menjalankan satu ekosistem dalam mengatur, mengoperasikan, memonitor, serta menjaga sistem ICT di perusahaan pelanggan, khususnya dalam hubungannya antara konektivitas dengan cybersecurity," kata Bruce Hanadi. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler