5 WNI Ditangkap Malaysia, DPR Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Senin, 25 Desember 2017 – 23:02 WIB
Taufik Kurniawan. Foto: amjad/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengimbau masyarakat tak perlu waswas dengan penangkapan sejumlah warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia yang diduga akan bergabung dengan ISIS di Syria.

Taufik mengatakan, aparat keamanan telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan tindakan tegas. "Seluruh elemen negara harus merangkul dan terus mengingatkan bahwa bangsa Indonesia terbangun atas dasar keberagaman dan toleransi yang kuat," katanya, Senin (25/12).

BACA JUGA: Natal Tiba, 175 Napi Langsung Bebas dari Penjara

Wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan Indonesia terdiri dari beragam agama, suku bangsa, dan warna kulit. Kesadaran ini harus terbangun di seluruh elemen bangsa, terlebih generasi muda.

Karena itu, mantan Sekjen PAN ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjaga dan mengukuhkan kebinekaan. Dia berharap, kebinekaan tak dinodai dengan tindakan-tindakan yang merusak iklim toleransi.

BACA JUGA: Abdul Somad Dideportasi, Indonesia Tak Berhak Intervensi

Sebab, kebinekaan ikut membidani kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kebinekaan merupakan salah satu unsur yang membidani lahirnya NKRI. Namun, nilai-nilai yang 'dikikis kepentingan' ini harus diingatkan kembali," ujar dia.

BACA JUGA: Uskup Agung Jakarta Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel

Sebelumnya diberitakan sedikitnya lima WNI ditangkap di Malaysia. Salah satu terduga ditangkap di Pontian, Johor, Malaysia, 30 November 2017 disinyalir sebagai pemimpin kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Terduga juga diduga terlibat bom panci Bandung, Jawa Barat, Juli 2017 lalu. Sedangkan empat WNI lainnya ditangkap di Sandakan, Sabah, 4 Desember. Mereka berencana menyusup ke selatan Filipina. (boy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gereja Katolik Bakal Keluarkan Rekomendasi Tahun Politik


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler