6 Cara Meredakan Nyeri Tanpa Obat-obatan

Senin, 08 Juli 2019 – 10:58 WIB
Nyeri tulang. Foto: Pixabay

jpnn.com - Rasa nyeri merupakan suatu gejala yang sering dialami oleh siapapun. Anda tidak perlu langsung panik karena penyebab rasa nyeri mungkin saja bukan sesuatu yang berbahaya. 

Bentuk rasa nyeri bisa berbeda-beda, bisa menyerang di tempat berbeda dan mewakili beragam masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa cara meradakan dan menghilangkan rasa nyeri, seperti dilansir laman Care2, Minggu (7/7).

BACA JUGA: Vitamin dan Suplemen Bisa Mengganti Diet Seimbang?

1. Latihan

Olahraga mungkin bukan yang teratas dalam daftar Anda ketika Anda berurusan dengan rasa sakit/nyeri, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatasi rasa sakit.

BACA JUGA: Ini Bahaya Konsumsi Pepaya Terlalu Banyak

BACA JUGA: Nyeri Sendi? Hindari 4 Makanan ini ya

2. Pijat

BACA JUGA: 3 Trik Makan untuk Pasien Diabetes agar Gula Darah Tetap Stabil

Studi menemukan bahwa pijatan memiliki manfaat psikologis bagi mereka yang berurusan dengan nyeri kronis. Ini bisa membantu Anda mengatasi aspek emosional nyeri secara lebih efektif, serta membantu relaksasi dan pengurangan stres.

BACA JUGA: Yuk Jaga Sendi Agar Tak Terluka

3. Meditasi

Berlatih meditasi mengaktifkan jalur-jalur unik di otak Anda yang membantu mengurangi rasa sakit, dan Anda bahkan tidak perlu banyak pengalaman meditasi untuk mendapatkan manfaatnya. 

4. Terapi Panas dan Dingin

Terapi panas atau dingin bisa menjadi penghilang rasa sakit yang efektif, selama Anda menggunakan terapi yang tepat untuk rasa sakit yang Anda alami.

Terapi dingin membatasi aliran darah dan biasanya digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan segera. Anda bisa menggunakan kompres es pada memar, ketegangan otot, atau sendi rematik yang terasa meradang atau panas. Terapi dingin hanya boleh diberikan dalam waktu singkat untuk mencegah kerusakan kulit.

Terapi panas membantu menggerakkan darah dan meningkatkan sirkulasi. Ini bisa mengurangi rasa sakit dari otot dan sendi yang kaku, sakit, atau tegang. Terapi ini bekerja lebih baik dalam periode yang lebih lama, jadi cobalah menggunakan paket panas setidaknya selama 15 hingga 20 menit. Berendam atau sauna juga bisa meredakan rasa sakit.

5. Citra Terpandu

Perumpamaan yang dipandu melibatkan menghasilkan gambaran spesifik dalam pikiran Anda yang dimaksudkan untuk membangkitkan perubahan fisiologis tertentu, seperti meningkatkan relaksasi atau menghilangkan rasa sakit.

6. Diet

Peradangan itu sendiri bisa menyebabkan rasa sakit, serta memperburuk beberapa kondisi menyakitkan. Makan makanan yang mengurangi peradangan secara alami akan memerangi rasa sakit. Diet anti-inflamasi biasanya mencakup banyak buah dan sayuran, biji-bijian dan makanan utuh lainnya, sambil membatasi makanan olahan dan olahan. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diet Yoyo Rentan Picu Masalah Jantung pada Wanita?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler