6 Hal Ini Harus Dihindari Agar Sembelit Tidak Semakin Parah

Minggu, 21 Juli 2019 – 20:57 WIB
Ilustrasi sakit pada perut.

jpnn.com - Sembelit memang terasa sangat tidak nyaman dan kadang-kadang bahkan menyakitkan. Obat-obatan mungkin tidak menawarkan bantuan. Jika Anda melakukan kesalahan yang justru malah memperburuk sembelit Anda. Terkadang sembelit adalah tanda kondisi kesehatan yang serius, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau divertikulosis. 

Anda harus menghindari kesalahan di bawah ini untuk meringankan sembelit dengan cepat, seperti dilansir laman Care2.

BACA JUGA: Buah Naga Ampuh Atasi Sembelit?

1. Makan makanan olahan 

Kerupuk, pasta, dan roti memperlambat pencernaan, yang memperburuk konstipasi. Selain itu, makanan olahan sering mengandung fruktan, yang bisa mengganggu proses pencernaan alami. Sebagian besar makanan olahan juga tinggi natrium, yang bisa mengurangi perjalanan kamar mandi Anda dengan menurunkan kadar air dalam kotoran Anda.

BACA JUGA: Perut Sering Kembung? Mungkin Ini 9 Penyebabnya

BACA JUGA: Pengobatan Alami Atasi Sembelit

2. Tidak aktif

BACA JUGA: Yang Mengejutkan dari Mangga bagi Kesehatan Usus Anda

Menjadi tidak aktif karena sembelit adalah kesalahan besar. Olahraga membantu fungsi sistem pencernaan Anda secara optimal. Anda tidak perlu melakukan latihan yang panjang dan intens. Bahkan jalan-jalan pendek atau latihan di rumah pun sangat membantu.

3. Mengomsumsi kalsium atau suplemen zat besi

Sebaiknya Anda mendapatkan kalsium dan zat besi dari makanan saat Anda mengalami konstipasi. Mineral-mineral ini mengganggu kontraksi sistem pencernaan Anda. Faktanya, mendapatkan mineral ini dari sumber vegan juga akan menawarkan banyak serat, yang memudahkan sembelit. 

4. Mengonsumi obat pencahar

Obat pencahar mungkin tampak seperti solusi cemerlang untuk sembelit Anda, tetapi menggunakannya terlalu sering justru bisa memiliki efek sebaliknya. Mengandalkan mereka untuk buang air besar sepanjang waktu bisa memperburuk konstipasi. Gunakan obat pencahar secara hemat. Lebih baik menggunakan metode yang terbukti ampuh menghilangkan sembelit seperti minum banyak air dan meningkatkan asupan serat Anda.

BACA JUGA: Buah Naga Ampuh Atasi Sembelit?

5. Makan cokelat

Makan beberapa batang coklat tidak akan bisa mengatasi ketidaknyamanan Anda.  Bahkan, coklat bisa memperburuk sembelit Anda. Banyak orang dengan sembelit dan IBS mengatakan cokelat memicu gejala mereka.

6. Mengonsumsi terlalu banyak dairy

Anda mungkin tahu bahwa diet tinggi susu bisa menyebabkan sembelit dengan memperlambat pencernaan. Jangan makan keju, yogurt, dan produk susu lainnya saat sedang mengalami sembelit. Juga hindari makanan seperti telur dan daging, dan pilihlah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya serat. Jika Anda benar-benar tidak bisa melakukannya tanpa produk susu, gunakan alternatif bebas laktosa.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengobatan Alami Atasi Sembelit


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler