6 Kebiasaan Sehari-hari ini Harus Anda Waspadai!

Rabu, 26 April 2017 – 04:55 WIB
Anak menonton televisi. Foto: Yahoo

jpnn.com - Gaya hidup yang tidak sehat bisa membunuh Anda. Menurut penelitian, lebih dari 90 persen orang-orang mengikuti gaya hidup yang bisa memicu stres.

Karena dua kebiasaan ini, tingkat tekanan darah, jantung dan otak yang kemudian menjadi korbannya. Hmmm, kok bisa ya?

BACA JUGA: Cobalah Tips Mengatasi Stres Dalam 5 Menit

Sebaliknya, mengikuti gaya hidup bebas stres bisa membuat Anda hidup lebih lama. Para ahli menyatakan bila menjalani gaya hidup yang sehat, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kehidupan yang jauh lebih baik.

Meski sulit menjalankan pola hidup sehat, namun ketika melewati usia tertentu, Anda perlu bersantai karena hal-hal kecil bisa memicu masalah kesehatan.

BACA JUGA: 6 Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Kecemasan

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang bisa membunuh Anda, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (24/4).

1. Minum kopi terlalu sering.

BACA JUGA: Minum Saat Makan, Merugikan Sistem Pencernaan?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, terlalu sering minum kopi dan mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

2. Skipping flossing.

Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, flossing secara teratur akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit gusi.

The American Academy of Periodontology mengatakan penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan diabetes berhubungan dengan periodontitis.

Anda lebih baik flossing setiap hari selama dua menit dipagi hari dan melakukan flossing pada saat mandi malam hari.

3. Mengabaikan dengkuran.

Mendengkur adalah tanda umum dari sleep apnea. Menurut American Sleep Apnea Association, gangguan tidur ini bisa memiliki konsekuensi serius ketika tidak diobati.

Anda bisa beresiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

4. Ngemil.

Tidak mengherankan, beberapa ahli mengatakan ngemil bisa meningkatkan risiko obesitas.

Selain itu, AS sedang berjuang mengatasi epidemi obesitas dan Anda tidak ingin menjadi salah satu dari 78 juta orang dewasa yang berurusan dengan efek negatif dari mengemil tersebut.

CDC mengatakan obesitas merupakan masalah serius karena terkait dengan hasil yang lebih buruk terhadap kesehatan mental, mengurangi kualitas hidup dan menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker .

5. Menonton TV terlalu sering.

Kebanyakan orang tahu bila menonton TV tidak baik untuk kesehatan mereka secara keseluruhan, tetapi Anda mungkin akan terkejut mendengar seberapa sering Anda menonton TV akhirnya bisa menyebabkan beberapa konsekuensi serius.

Dalam studi terhadap 13 ribu lulusan universitas Spanyol, peneliti melacak hubungan antara perilaku menetap (termasuk waktu TV, menggunakan komputer dan mengemudi) dan risiko kematian selama periode delapan tahun.

Pada akhirnya, ada 97 kematian selama penelitian, dan peneliti menemukan korelasi terhadap menonton TV.

Menonton televisi adalah aktivitas menetap dan pasif.

Selain itu, ketika Anda menetap terlalu lama, pembuluh darah menjadi kaku, sehingga mengakibatkan penumpukan kolesterol dalam arteri.

6. Mengonsumsi pain killers terlalu sering.

Readers Digest menyebutkan bahwa terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius dalam waktu yang tidak begitu lama.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Kebiasaan ini Bisa Merusak Daya Ingat


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler