6 Khasiat Air Jeruk Nipis, Nomor 2 Bikin Kaget

Kamis, 15 September 2022 – 02:10 WIB
Jeruk nipis. Foto: damrong rattanapong/123rf

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi jeruk nipis? Jeruk nipis merupakan buah dari golongan citrus yang memiliki rasa asam.

Jeruk nipis biasanya ditambahkan ke dalam berbagai hidangan gurih untuk menambah kesegarannya.

BACA JUGA: 9 Manfaat Rutin Minum Air Jeruk Nipis Campur Mentimun, Nomor 8 Luar Biasa

Anda bisa mengolah buah yang satu ini dalam bentuk air jeruk nipis.

Minum air jeruk nipis secara rutin diketahui bisa membantu mengatasi beberapa penyakit.

BACA JUGA: 3 Manfaat Air Jeruk Nipis Campur Serai, Bikin Wanita Senang

Selain itu, rutin minum air jeruk nipis juga baik untuk kesehatan tubuh.

Anda bisa minum jeruk nipis ditambah madu untuk menambah nutrisinya.

BACA JUGA: Benarkah Jeruk Nipis Ampuh Menghempas Lemak Membandel?

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322556?

1. Mempromosikan konsumsi air

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan bahwa orang yang tidak minum cukup air bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau irisan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa, yang ampuh untuk mendorong mereka untuk minum lebih banyak air sepanjang hari.

2. Mengurangi risiko kanker tertentu

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara buah jeruk, seperti jeruk nipis, dan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Sebuah meta-analisis 2015 dari studi observasional yang diterbitkan di Medicine menunjukkan kemungkinan hubungan antara peningkatan konsumsi buah jeruk dan penurunan risiko kanker kerongkongan.

Para peneliti juga telah menunjukkan bahwa orang dengan asupan buah jeruk tertinggi, dibandingkan dengan yang terendah, mengalami penurunan 9 persen dalam risiko kanker paru-paru.

Namun, para ilmuwan memerlukan penelitian lebih lanjut tentang asupan buah jeruk di berbagai jenis kanker, termasuk ketika orang menambahkan jeruk nipis ke dalam air, sebelum mereka bisa membuat kesimpulan yang pasti.

3. Berperan dalam kesehatan kulit secara keseluruhan

Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen, yang merupakan senyawa yang terlibat dalam mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, para peneliti menyarankan bahwa minum air dalam jumlah yang lebih tinggi (lebih dari 13 gelas per hari) mungkin memiliki efek positif pada hidrasi dan penampilan kulit.

Tidak hanya menambahkan jeruk nipis ke dalam air agar lebih mudah diminum, tetapi kombinasi air dan air jeruk nipis bisa membantu meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Sementara para profesional medis umumnya memahami manfaat kesehatan dari jeruk nipis dan air, mereka saat ini tidak memiliki studi ilmiah yang mendukung.

4. Mendukung penurunan berat badan

Beberapa penelitian telah melihat hubungan antara air minum dan penurunan berat badan.

Meskipun ada beberapa bukti ilmiah yang mendukung hubungan ini, para ilmuwan tidak jelas mengapa hubungan ini ada dan menyarankan mereka membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Makalah ulasan dari 2019 tentang air minum dan penurunan berat badan menegaskan bahwa bukti saat ini tentang air dan penurunan berat badan adalah kualitas rendah hingga sedang.

Buah jeruk, seperti jeruk nipis, mungkin memiliki senyawa bioaktif yang membantu mengontrol berat badan, tetapi dokter memerlukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami peran jeruk nipis dan air dalam mempromosikan penurunan berat badan.

5. Membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk mendukung fungsi normal dari sistem kekebalan tubuh.

Tubuh seseorang tidak bisa membuat vitamin C sendiri sehingga harus mendapatkannya dari makanan atau sumber lain. Satu jeruk nipis mengandung 19,5 mg vitamin C.

Ketika seseorang mengonsumsinya secara teratur, air jeruk nipis bisa membantu memperkuat pertahanan tubuh dan memperpendek umur pilek dan kasus flu, meskipun bukti ilmiah yang mendukung hal ini masih terbatas.

6. Berkontribusi pada risiko penyakit jantung yang lebih rendah

Menurut CDC, mengikuti pola makan sehat yang mengandung buah segar, termasuk buah jeruk seperti jeruk nipis, penting untuk mencegah penyakit jantung dan komplikasinya.

Para peneliti baru-baru ini membahas hal ini dalam tinjauan sistematis tahun 2020 dan meta-analisis studi observasional di Journal of American Heart Association.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa asupan buah total yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Para peneliti melihat manfaat yang lebih besar khususnya untuk buah jeruk di antara sumber buah dan sayuran lainnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler