6 Makanan Berwarna Hitam yang Bikin Berat Badan Ambyar

Jumat, 18 Oktober 2024 – 02:00 WIB
Beras Hitam bermanfaat untuk kesehatan tubuh. ILUSTRASI. Foto: Radar Bali/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TIDAK ada kata mudah jika Anda bertekad ingin menurunkan berat badan.

Dalam upaya menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan yang tepat itu penting.

BACA JUGA: Demi Ini, Marshanda Rela Turunkan Berat Badan

Makanan berwarna hitam yang tinggi vitamin dan mineral membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif.

Pembangkit tenaga listrik berwarna gelap ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, dan bahkan meningkatkan metabolisme kamu.

BACA JUGA: Perluas Pasar, FKS Group Bidik Ekspor Makanan Ringan ke Indochina

Jika Anda memikirkan makanan hitam mana yang baik untuk menurunkan berat badan, jangan khawatir.

Makanan berwarna hitam mungkin terdengar unik, tetapi makanan tersebut terbuat dari banyak bahan yang familiar dan memiliki khasiat yang kuat.

BACA JUGA: 4 Herbal yang Bikin Berat Badan Ambyar

Ini bukan sekadar versi masakan biasa yang dibakar atau dihitamkan.

Warna gelapnya secara alami diperoleh dari antosianin, yang merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu menurunkan berat badan.

Makanan berwarna hitam seperti kacang hitam, blackberry, dan beras hitam tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Mereka bergizi dan bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Memasukkan makanan berwarna hitam ke dalam diet penurunan berat badan Anda bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan lebih dari satu cara.

Warna gelapnya sering kali berasal dari antosianin, antioksidan yang mungkin membantu mengatur gula darah, seperti yang ditemukan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Advances in Clinical and Experimental Medicine Journal.

Gula darah yang stabil berarti lebih sedikit nafsu makan dan penurunan energi yang bisa membantu Anda menghindari makan berlebihan.

Selain itu, banyak makanan berwarna hitam yang kaya serat, seperti kacang hitam dan blackberry.

Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, membantu kamu menolak makan camilan tidak sehat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrients Review-Journal.

Serat dalam makanan berwarna hitam juga membantu dalam pengelolaan berat badan, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Food Research International Journal.

Berikut beberapa makanan hitam terbaik yang akan membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Kacang hitam

Kacang hitam kaya akan protein, nutrisi, dan serat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, orang yang makan lebih banyak kacang-kacangan dan mengikuti pola makan berbahan dasar kacang-kacangan cenderung memiliki lebih sedikit lemak tubuh, terutama lemak perut.

Ini juga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

2. Beras hitam

Beras hitam kaya akan serat dan antioksidan, terutama antosianin, yang membantu mengurangi peradangan dan mengatur berat badan, seperti ditemukan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research.

Beras hitam juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, sehingga menghasilkan kontrol gula darah dan pengelolaan berat badan yang lebih baik.

3. Blackberry

Blackberry rendah kalori, sehingga menyehatkan. Mereka memiliki kandungan air yang tinggi, yang menambah volume makanan tanpa menambah kalori.

Makanan dengan kandungan air yang tinggi bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan tetap terhidrasi sehingga bermanfaat untuk mengatur berat badan.

4. Biji chia hitam

Biji chia hitam kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega-3, yang semuanya baik untuk menurunkan berat badan.

Ini dapat menyerap air dan mengembang di perut Anda, membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar, demikian temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Health Science.

5. Biji wijen hitam

Biji wijen hitam mengandung lemak sehat, termasuk lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, seperti yang ditemukan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Molecules MDPI Journal.

Lemak ini bisa membantu mengurangi nafsu makan dan menyediakan sumber energi yang stabil, sehingga mencegah makan berlebihan.

6. Kacang lentil hitam

Kacang lentil hitam kaya akan protein, yang penting untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Peningkatan massa otot bisa meningkatkan laju metabolisme Anda, membantu kamu membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat.

Protein meningkatkan rasa kenyang, yang bisa mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dengan mengekang rasa lapar dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

Mereka adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, yang memberikan pelepasan energi yang stabil dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Hal ini bisa mencegah jatuhnya energi dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi, yang pada akhirnya membantu Anda menurunkan berat badan.(fny/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaga Kesehatan Kuku dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler