6 Makanan ini Bisa Atasi Jerawat loh

Selasa, 21 Maret 2017 – 09:42 WIB
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com, JAKARTA - Kebanyakan orang pasti pernah mempunyai masalah dengan kulitnya, salah satunya masalah jerawat.

Berbagai faktor bisa menjadi pemicu munculnya jerawat pada kulit. Salah satu faktor penyebab munculnya jerawat adalah karena terjadinya penyumbatan pada bagian kelenjar minyak yang terdapat pada pori-pori kulit yang dibarengi dengan munculnya peradangan pada kulit, yang akhirnya menimbulkan bekas jerawat yang agak sulit untuk dihilangkan.

BACA JUGA: Simak Tanda-Tanda Penyakit Usus Buntu

Biasanya jerawat akan muncul saat kelenjar minyak dan juga sel kulit mata tersumbat dalam kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, bahkan banyak orang yang menggunakan obat-obatan.

Namun tak hanya obat-obatan saja yang bisa mencegah dan menghilangkan jerawat, konsumsi makanan tertentu juga bisa membantu mengatasi masalah jerawat loh.

BACA JUGA: KHUSUS DEWASA! Yuk, Kenali Watak Wanita dari Payudara

Berikut beberapa makanan yang bisa atasi jerawat, seperti dilansir laman Today, Senin (20/3).

1. Kacang Brasil.

BACA JUGA: 5 Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan

Selenium super penting ketika datang ke kesehatan kulit Anda karena mineral ini bertindak sebagai antioksidan, membantu mengurangi peradangan yang diketahui bisa menyebabkan jerawat.

Bantu bersihkan kulit Anda dengan menambahkan kacang ini sebagai on-the-go makanan ringan atau menghancurkan mereka dan digunakan sebagai topping untuk oatmeal Anda.

2. Wortel.

Kaya akan vitamin A dan beta-karoten (karotenoid yang memberi mereka warna oranye), makan sayuran ini bisa membantu mengurangi jerawat dan mencegah noda dengan mengurangi peradangan dan mengganti sel (pengelupasan kulit alami).

Wortel juga membantu memperkuat pertahanan kulit Anda melawan bakteri.

Penelitian telah menemukan kadar rendah vitamin A dikaitkan dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi dari jerawat. Karotenoid juga membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari.

3. Biji labu.

Biji berbentuk oval ini kaya fitonutrien, phytosterols dan mineral termasuk mangan, magnesium, tembaga, besi dan seng.

Zinc khususnya memiliki kekuatan antioksidan dan juga telah terbukti mengurangi produksi sebum yang dikenal sebagai akar penyebab jerawat.

4. Teh hijau.

Dehidrasi bisa menyebabkan pembengkakan dan menyebabkan obat jerawat atau perawatan kulit lainnya bekerja lebih lambat.

Hidrasi yang tepat meningkatkan pergantian sel, yang berarti Anda memiliki sel-sel baru yang lebih sehat untuk memperbaiki kulit.

Teh hijau dan hitam (tanpa gula) akan membantu Anda mengurangi peradangan.

5. Salmon.

Salmon kaya akan omega-3, asam lemak esensial yang berperan dalam memerangi peradangan dan membuat kulit Anda bersinar. Salmon juga membantu menjaga berat badan dan memberikan kontribusi untuk kesehatan mental yang baik.

Diet tinggi omega-3 telah mengurangi tingkat jerawat.

6. Tomat.

Kaya dengan vitamin C dan bioflavonoid, tomat baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga luar biasa untuk kulit Anda, karena sifat antioksidan yang dikandungnya.

Kita tahu antioksidan adalah senyawa yang baik dalam melawan radikal yang menyebabkan peradangan (terkait dengan terjadinya jerawat).(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Makanan ini Bisa Membuat Anda Kelihatan Muda Loh


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler