6 Makanan ini Harus Dihindari Agar Perut tak Kembung

Rabu, 20 Maret 2019 – 23:08 WIB
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Hampir setiap orang pernah mengalami perut kembung atau begah. Kondisi yang sering dianggap sebagai gejala ‘masuk angin’ ini paling sering terjadi akibat adanya gas berlebih di dalam saluran cerna.

Ahli kesehatan menyebut bahwa perut kembung atau begah bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak hingga mereka yang sudah lanjut usia. Anda yang tak ingin mengalami keluhan itu diwajibkan untuk benar-benar memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA: Kulit yang Lebih Tua akan Sulit untuk Diperbaiki?

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami keluhan perut kembung. Pasalnya, jenis makanan tertentu bisa mencetuskan keluhan perut kembung atau begah dan membuatnya menjadi semakin parah.

Makanan pencetus perut kembung

BACA JUGA: Cegah Perut Kembung dan Begah dengan 4 Hal Ini

Makanan adalah salah satu pencetus terjadinya perut kembung atau begah. Oleh karena itu, jika mengalami keluhan ini, Anda diwajibkan untuk benar-benar memerhatikan segala yang dikonsumsi.

Beberapa makanan yang sebaiknya benar-benar Anda hindari ketika mengalami perut kembung atau begah, di antaranya:

BACA JUGA: Kenali 5 Tanda Anda Mengalami Stres Berat

1. Kubis-kubisan

Kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, kale, wortel, dan asparagus merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di saluran cerna. Selain itu, jenis sayuran tersebut juga mengandung raffinose, yaitu gula yang sulit dicerna.

Jadi, jika Anda mengonsumsi kubis-kubisan, apalagi saat perut sedang begah, keluhan bisa jadi semakin parah.

2. Apel

Perut sedang begah? Jika ya, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah apel. Faktanya, apel mengandung jenis gula alami yang tergolong sulit untuk diserap oleh saluran cerna.

Selain apel, nanas, pir, anggur, dan mangga juga mengandung gula yang sulit dicerna. Karenanya, buah-buahan tersebut juga berpotensi menyebabkan dan memperparah keluhan perut kembung.

3. Susu dan produk olahannya

Susu, keju, yoghurt, dan produk olahan sejenis mengandung laktosa di dalamnya. Jika Anda adalah penderita intoleransi laktosa, jenis makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik sehingga memicu keluhan perut kembung.

4. Cokelat

Cokelat meningkatkan peregangan di lambung, sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Alhasil, terjadinya perut kembung atau begah tak bisa dihindari lagi.

5. Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum memiliki kadar serat tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut kembung atau begah.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gelembung-gelembung udara yang dapat terperangkap di dalam saluran cerna. Hal itulah yang dapat meningkatkan kadar gas dalam usus, sehingga perut terasa kembung dan begah.

Makanan-makanan di atas berpotensi lebih tinggi untuk menyebabkan perut kembung, khususnya jika Anda berada pada kondisi stres, mengonsumsinya secara berlebihan atau terlalu cepat.(NB/ RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Obesitas Tingkatkan Risiko Asam Urat?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler