6 Manfaat Bawang Merah untuk Tubuh, Nomor 1 Lindungi Organ Jantung

Rabu, 10 Februari 2021 – 06:21 WIB
Bawang Merah. Foto : Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - MESKIPUN semua sayuran penting untuk kesehatan, ada beberapa jenis tertentu menawarkan manfaat unik, seperti bawang merah.

Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

BACA JUGA: 3 Trik Ajaib Memotong Bawang Merah Tanpa Perlu Menangis

Berikut ini beberapa manfaat bawang merah, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Melindungi Organ Jantung

BACA JUGA: 4 Manfaat Jus Bawang Merah, Salah Satunya Bantu Kelola Diabetes

Mengonsumsi bawang merah goreng ataupun berbagai olahan bawang merah lainnya secara teratur juga sangat baik untuk melindungi organ jantung dari berbagai penyakit berbahaya.

Bawang merah juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat menuju atau dari jantung ke seluruh tubuh.

BACA JUGA: 6 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Koroner 

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi ternyata juga bisa diatasi dengan mudah dengan mengonsumsi bawang merah goreng dengan teratur, karena mengandung sulfida methylallyl dan asam amino sulfur.

Kedua kandungan dalam bawang merah ini ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

3. Mencegah Kanker

Tidak hanya bawang putih yang sangat baik di konsumsi sebagai solusi kanker, tetapi bawang merah yang diolah menjadi bawang goreng atau dalam keadaan mentah juga sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan tersebut.

Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan cara mengonsumsi bawang merah ini di antaranya adalah kanker usus, kanker paru paru, kanker lambung, kanker payudara dan juga kanker prostat.

4. Mengatasi Sakit Saat Buang Air Kecil

Mengonsumsi bawang merah goreng secara langsung atau dicampur dengan masakan juga sangat baik dalam mengatasi sakit saat buang air kecil.

Hal ini dikarenakan sifat bawang merah yang menjadi detoksifikasi alami tubuh dalam mengeluarkan berbagai racun, dan juga antibiotik alami untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan saat buang air kecil.

5. Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung dalam bawang merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pembuangan racun serta partikel makanan yang bertekstur keras dan menumpuk dalam usus.

Hal ini tentunya akan sangat membantu apabila Anda memiliki masalah sembelit.

6. Mengatasi Masalah Pendarahan

Bawang merah juga menjadi obat alami yang sangat ampuh untuk menyembuhkan hemoroid atau lebih dikenal dengan nama wasir.

Anda bisa mengonsumsi bawang merah goreng ini secara teratur dan bisa juga menghirup aroma dari irisan bawang merah mentah secara perlahan agar khasiatnya lebih terasa.(genpi/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler