6 Manfaat Nanas Madu, Bikin Jantung Tersenyum Lebar

Jumat, 10 Februari 2023 – 06:34 WIB
Ilustrasi nanas madu. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - NANAS merupakan salah satu buah populer yang bisa diolah dalam berbagai hidangan, baik itu gurih atau manis.

Buah yang satu ini bisa Anda olah dalam bentuk keripik nanas, cake nanas, salad nanas, asinan, manisan, dan lainnya.

BACA JUGA: 3 Manfaat Buah Nanas Madu, Bikin Penyakit Ganas Ini Tidak Berkutik

Salah satu jenis nanas yang popular adalah nanas madu yang manis.

Selain memiliki rasa yang segar, nanas madu ternyata memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: 5 Khasiat Nanas Madu yang Tak Terduga, Asma Langsung Kabur

Hal tersebut bisa dilihat dari dalam 100 gram buah nanas madu terdapat kandungan gizi seperti, air, protein, lemak total, karbohidrat, serat, zat besi, fosfor 8, kalium, natrium, seng, asam askorbat (vitamin C).

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 4 Manfaat Dahsyat Nanas Madu, Rugi Kalau Tak Dicoba

1. Menjaga kesehatan kulit

Nanas madu merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin.

Salah satu manfaat nanas madu jika dikonsumsi secara rutin adalah bisa membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan juga polusi.

Nanas madu juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan pada kulit, dan membuat kulit lebih halus dan kenyal.

Selain itu, nanas madu yang mengandung vitamin C juga memiliki peranan penting dalam pembentukan kolagen yang bisa membentuk sel kulit yang sehat.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Nanas madu memiliki kandungan bromelain yang bermanfaat untuk pencegahan terhadap gangguan pencernaan.

Pasalnya, bromelain merupakan enzim pencernaan yang bisa memecah molekul protein.

Saat molekul protein berhasil dipecah ke dalam asam amino dan peptida, mereka akan lebih mudah dicerna ke dalam usus halus, sehingga bisa melancarkan proses pencernaan.

Selain itu, nanas madu juga mengandung air dan serat yang memberikan manfaat dalam mencegah sembelit serta meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

3. Menurunkan tekanan darah

Nanas madu memiliki kandungan kalium yang bisa memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Perlu diketahui, bahwa makin banyak mengonsumsi nanas madu yang kaya akan nutrisi ini, makin rendah pula risiko mengalami tekanan darah tinggi.

Selain itu, enzim bromelain yang terdapat pada nanas madu juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Nanas madu juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain yang bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya itu, nanas madu juga bisa membantu menekan peradangan.

Penelitian yang dimuat pada Journal of Nutrition and Metabolism pada tahun 2014 menyebutkan, mengonsumsi nanas madu bisa mengurangi risiko mengalami infeksi virus dan bakteri.

5. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian pada Archives of Internal Medicine, kandungan serat, kalium, dan vitamin C pada nanas madu bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

Penelitian itu mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi 4.069 miligram (mg) kalium setiap harinya bisa menurunkan risiko penyakit jantung iskemik hingga 49 persen.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa kalium juga bisa membantu menurunkan risiko stroke, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mengurangi pembentukan batu ginjal.

6. Meningkatkan kesuburan

Kandungan antioksidan pada buah nanas madu ternyata memiliki manfaat dalam meningkatkan kesuburan.

Pasalnya, nanas madu yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan beta karoten, bisa membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, nanas madu yang memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti seng dan folat bisa meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pada pria.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler