6 Sayuran yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jumat, 12 Juli 2024 – 02:00 WIB
Sayur Bayam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MEMILIKI daya tahan tubuh yang kuat bisa memberi Anda beberapa keuntungan, seperti terhindar dari serangan beberapa penyakit.

Namun, ada beberapa hal yang bisa membuat daya tahan tubuh Anda menurun, seperti musim hujan.

BACA JUGA: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi 4 Teh Ini

Kelembapan yang tinggi, kondisi yang tidak sehat, dan kontaminasi air dari meluapnya limbah dan curah hujan yang tinggi menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan mikroba, sehingga meningkatkan risiko penyakit.

Meskipun mengambil tindakan pencegahan adalah satu hal, menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah hal yang paling penting.

BACA JUGA: 4 Sayuran yang Ramah untuk Ginjal

Menurut seorang ahli diet, mengonsumsi sayuran yang sehat bisa membantu Anda tetap sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selama musim hujan ketika infeksi lebih umum terjadi, sayuran tertentu memberikan nutrisi penting seperti vitamin C dan zinc yang bisa meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

BACA JUGA: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Herbal Ini

Oleh karena itu, mengonsumsi beberapa sayuran ini membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan ketahanan terhadap penyakit musiman.

Berikut sayuran penambah kekebalan tubuh yang sebaiknya dikonsumsi saat musim hujan, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Bayam

Bayam, makanan super yang terkenal, adalah pembangkit tenaga nutrisi yang harus selalu ada di piring Anda.

Kaya akan vitamin A, C, dan K, serta mineral seperti zat besi dan folat, bayam adalah sayuran yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Nutrisi ini bekerja sama untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendukung fungsi sel yang sehat, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baik ditambahkan ke salad, sup, atau smoothie, bayam adalah sayuran serbaguna yang bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam berbagai hidangan.

2. Paprika merah

Dikenal karena warnanya yang cerah dan rasanya yang khas, paprika merah tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga merupakan penambah daya tahan tubuh yang baik.

Dikemas dengan vitamin C, sayuran ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Selain itu, paprika merah mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga berkontribusi terhadap pertahanan yang kuat terhadap penyakit.

3. Brokoli

Brokoli, salah satu sayuran silangan, dikenal karena kandungan vitamin, mineral, dan serat makanannya yang tinggi.

Kaya akan vitamin C, E, dan antioksidan, brokoli mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan menetralkan zat berbahaya dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Sulforaphane, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, juga dikaitkan dengan peningkatan respon imun dan mengurangi peradangan.

Memasukkan brokoli ke dalam makanan musim hujan Anda bisa berkontribusi pada sistem daya tahan tubuh yang utuh dan kuat.

4. Wortel

Wortel merupakan makanan pokok di banyak rumah tangga, dan manfaatnya bagi sistem kekebalan tubuh tidak bisa dianggap remeh.

Penuh dengan beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, wortel memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir, garis pertahanan pertama tubuh melawan patogen.

Selain itu, vitamin A mendukung produksi sel darah putih, yang merupakan bagian integral dari respon imun.

Nikmati wortel sebagai camilan renyah, haluskan menjadi jus, atau tambahkan ke dalam rebusan untuk menambah nutrisi.

5. Pare

Meskipun namanya mungkin terdengar tidak menarik, pare menawarkan serangkaian manfaat kesehatan unik yang perlu ditelusuri.

Pare dikenal karena potensinya untuk mengatur kadar gula darah, tetapi juga berkontribusi terhadap kekebalan tubuh karena konsentrasi vitamin dan mineralnya yang tinggi.

Dikemas dengan vitamin C, pare membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Memasukkan sayuran yang sedikit pahit ini ke dalam menu makanan Anda bisa memberikan rasa yang khas dan manfaat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Okra

Ladyfinger, juga dikenal sebagai okra, adalah sayuran musim hujan lainnya yang bisa memberikan keajaiban bagi sistem kekebalan tubuh Anda.

Kaya akan vitamin A dan C serta antioksidan, okra membantu melawan stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan serat makanannya mendukung kesehatan pencernaan, yang pada gilirannya berperan dalam menjaga respon imun yang kuat.

Baik digunakan dalam sabzi, tumis, atau sup, ladyfinger adalah sayuran serbaguna yang menambah rasa dan nutrisi pada makanan Anda.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingin Tubuh Tambah Tinggi, Coba Rutin Konsumsi 5 Sayuran Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler