6 Tips Mengatasi Hangover

Selasa, 24 Januari 2017 – 22:46 WIB
Ilustrasi. Foto dexknow

jpnn.com - jpnn.com - Hangover merupakan rasa sakit yang dialami setelah mabuk akibat minum alkohol. Gejala hangover biasanya sakit kepala, mual, sensitif terhadap cahaya dan suara berisik, lesu, diare dan juga rasa haus yang terus-menerus.

Berikut cara ampuh untuk mengatasi hangover, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (22/1).

BACA JUGA: Mabuk, Nyaris Bunuh Penjual Makanan

1. Minum air.

Meskipun sulit memastikan tepat apa yang menyebabkan mabuk, para ilmuwan mengatakan, dehidrasi bisa mengakibatkan hangover.

BACA JUGA: Mahasiswa Pulang Mabuk, Tewas 2 Hari Kemudian

Menurut Mayo Clinic, Anda benar-benar menghasilkan lebih banyak urin ketika minum alkohol yang bisa menyebabkan risiko lebih besar dari dehidrasi.

Karena itu, sangat penting untuk menggantikan cairan yang hilang dengan minum banyak air sebelum mengonsumsi alkohol untuk memastikan Anda tidak akan menjadi pusing.

BACA JUGA: Mabuk Usai Pesta, Tabrak 3 Orang, Toko dan Warung

2. Ambil pereda nyeri.

Jika Anda terbiasa meminum ibuprofen pagi hari setelah minum alkohol malam sebelumnya, maka Anda mungkin ingin tetap dengan kebiasaan ini.

Obat over-the-counter ini efektif dalam menangkal hangover dan mual.

Dan menurut Smithsonian.com, aspirin dan ibuprofen lebih baik dari acetaminophen karena sifat anti-inflamasinya.

Alkohol menyebabkan peradangan di dalam tubuh, sehingga mengambil sesuatu yang bisa memerangi efek ini bisa membantu pemulihan secara signifikan.

3. Yoga.

Saat Anda pusing, Anda mungkin tidak ingin bangun dari tempat tidur, tapi melakukan beberapa latihan yoga mungkin menjadi hal terbaik yang bisa Anda lakukan.

4. Cobalah beberapa cardio sederhana.

Anda akan merasa jauh lebih baik jika bisa melakukan beberapa cardio kecil seperti jalan cepat.

Jika Anda mengalami kesulitan keseimbangan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan sepeda stasioner di gym selama 20-30 menit atau pergi berenang.

5. Sediakan minyak aromaterapi.

Beberapa minyak esensial bisa membantu meringankan migrain dan menenangkan perut Anda.

Minyak peppermint, misalnya, sangat baik untuk mengobati mual dan sakit kepala. Bahkan mungkin membantu Anda mendapatkan energi kembali, jika Anda memadukannya dengan lemon atau jeruk.

Anda bisa mencoba menggosok minyak peppermint di pelipis untuk meredakan sakit kepala atau ke perut, jika merasa sakit perut.

6. Tidur.

Tidur sangat penting dalam mengatasi mabuk.

Konsumsilah dosis kecil ibuprofen satu jam sebelum berencana pergi tidur untuk membantu menangkal sakit kepala.(fny/chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabuk tapi Bogemnya Keras, Hidung Kawannya Retak


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
mabuk  

Terpopuler