7 Bahaya Minum Kopi di Pagi Saat Perut Kosong

Selasa, 14 Mei 2024 – 02:01 WIB
Kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KOPI merupakan salah satu minuman kesukaan banyak orang yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Bagi banyak orang, pagi hari tanpa kopi terasa kurang lengkap. Ini memberi mereka gelombang energi yang sangat dibutuhkan, membuat mereka merasa segar.

BACA JUGA: 3 Khasiat Rutin Minum Kopi Campur Baking Soda, Bikin Mag Ambyar

Namun, meski memiliki efek revitalisasi, termasuk meningkatkan fokus dan metabolisme, minum kopi saat perut kosong bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Penelitian mengungkapkan bahwa minum kopi saat perut kosong bisa memicu gangguan pencernaan dan mengganggu proses penyerapan nutrisi, sehingga berpotensi mengganggu sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: 4 Manfaat Minum Kopi, Bikin Wanita Ketagihan Mengonsumsinya

Kebiasaan ini juga bisa memperburuk refluks asam dan meningkatkan kadar kortisol, sehingga berkontribusi terhadap stres.

Meskipun kopi diketahui bisa membantu Anda tetap energik dan segar sepanjang hari, ada juga beberapa efek samping kopi jika Anda mengonsumsinya saat perut kosong.

BACA JUGA: 9 Khasiat Kopi Hitam, Bantu Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Kecemasan dan kegelisahan

Kafein merupakan stimulan yang bisa meningkatkan kewaspadaan dan tingkat energi.

Namun, mengonsumsinya saat perut kosong bisa memperkuat efeknya, menyebabkan peningkatan kecemasan, kegugupan, dan kegelisahan.

Keadaan gairah yang meningkat ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari, menyebabkan kegelisahan dan ketidakmampuan untuk fokus.

2. Risiko asam lambung

Kopi bersifat asam dan jika dikonsumsi saat perut kosong bisa memperburuk masalah keasaman lambung.

Kombinasi kafein dan tingkat keasaman yang tinggi bisa mengiritasi lapisan lambung, menyebabkan rasa tidak nyaman, mulas, dan bahkan refluks asam.

Seiring waktu, seringnya terpapar kopi asam bisa berkontribusi pada perkembangan kondisi pencernaan yang lebih serius seperti mag atau tukak lambung.

3. Memperparah masalah pencernaan

Bagi individu yang sudah mengalami masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau penyakit radang usus (IBD), minum kopi saat perut kosong bisa memperburuk gejala.

Efek stimulasi kafein bisa meningkatkan motilitas usus, berpotensi memicu diare atau kram perut, yang selanjutnya mengganggu keseimbangan sistem pencernaan.

4. Mengganggu penyerapan nutrisi

Kopi mengandung senyawa tanin yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi tertentu, termasuk zat besi dan kalsium.

Minum kopi saat perut kosong bisa menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting ini, sehingga menyebabkan kekurangan seiring berjalannya waktu.

Hal ini khususnya mengkhawatirkan bagi individu yang mengandalkan pola makan kaya nutrisi untuk kesehatan optimal.

5. Meningkatkan respon stres

Kafein merangsang pelepasan kortisol, yang sering disebut sebagai hormon stres dari kelenjar adrenal.

Meskipun kortisol memainkan peran penting dalam respons melawan-atau-lari tubuh, peningkatan kadar kortisol bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Hal ini bisa menyebabkan lemahnya fungsi kekebalan tubuh, penambahan berat badan, dan gangguan mood.

Minum kopi saat perut kosong bisa berkontribusi terhadap respons stres yang berlebihan, sehingga berpotensi memperburuk kondisi terkait stres.

6. Fluktuasi gula darah

Kafein bisa memengaruhi sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa, sehingga menyebabkan fluktuasi kadar gula darah.

Ketika dikonsumsi saat perut kosong, kopi bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, yang kemudian diikuti dengan penurunan gula darah.

Hal ini bisa membuat individu merasa lelah, mudah tersinggung, dan menginginkan lebih banyak gula atau kafein untuk meringankan gejalanya.

Seiring waktu, fluktuasi ini bisa menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

7. Dehidrasi

Kafein bersifat diuretik, artinya meningkatkan produksi urin dan bisa menyebabkan peningkatan kehilangan cairan dari tubuh.

Jika dikonsumsi saat perut kosong, kopi bisa memperparah dehidrasi, apalagi jika asupan cairan tidak terjaga sepanjang hari.

Dehidrasi bisa menyebabkan gejala seperti sakit kepala, pusing, dan kelelahan, yang selanjutnya berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Seperti yang Anda ketahui saat ini, mengonsumsi kopi saat perut kosong bisa menimbulkan beberapa dampak buruk baik bagi kesehatan fisik maupun mental, jadi lewati saja di pagi hari.

Anda bisa mengonsumsinya setelah sarapan. Selain itu, pastikan Anda tidak minum lebih dari satu atau dua cangkir setiap hari.

Ingatlah untuk minum banyak air dan padukan secangkir kopi dengan makanan kaya nutrisi.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Manfaat Minum Kopi Dingin, Bikin Proses Penurunan Berat Badan Makin Lancar


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
kopi   Minum Kopi   Asam Lambung   Stres  

Terpopuler