7 Cara Melunturkan Lemak Setelah Banyak Makan Gorengan

Jumat, 21 Agustus 2020 – 04:24 WIB
Gorengan. Foto halodoc

jpnn.com - Apakah Anda termasuk salah satu yang sangat menyukai gorengan? Jika, ya, Anda mesti punya siasat agar makanan kesukaan tidak malah menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Konsumsi ini setelah makan banyak gorengan

BACA JUGA: Ini Kiat Memenuhi Kebutuhan Lemak Harian

Telanjur kalap makan banyak goreng dan tak mau lemak di dalamnya memberi efek buruk buat tubuh? Di bawah ini adalah beberapa asupan yang bisa membantu menetralkan lemak sehabis makan gorengan.

1. Teh Hijau

BACA JUGA: 6 Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Jika makanan yang Anda konsumsi adalah gorengan, pasangannya jangan lagi minuman bersoda atau minuman tinggi gula lainnya. Menurut saran dr. Devia Irine Putri, lebih baik Anda minum teh hijau hangat!

“Selain kaya antioksidan, teh hijau bisa membantu meningkatkan proses pembakaran lemak,” jelasnya.

BACA JUGA: Tips agar Mata Anak Tetap Sehat meski Kerap Gunakan Gawai

Perlu diketahui, orang Jepang juga sering mengonsumsi gorengan (tempura). Namun, karena minum teh hijau sudah jadi kebiasaan sehari-hari mereka, Jepang pun tetap menjadi salah satu negara dengan tingkat obesitas terendah di dunia.

2. Air Lemon Hangat

Minuman untuk menetralkan lemak yang kedua adalah air lemon hangat. Anda bisa memeras sari buah lemon dan mencampurnya dengan air putih hangat.

Air lemon selama ini dianggap sebagai minuman detoks, karena bisa membantu menurunkan berat badan dan membersihkan tubuh dari racun.

Bonusnya lagi, Anda juga mendapatkan asupan vitamin C sehingga tubuh tak mudah sakit.

3. Air Putih Hangat

Tak terlalu suka cita rasa teh hijau atau asamnya lemon? Tenang, minuman untuk menetralkan lemak selanjutnya adalah air putih hangat tanpa campuran apa pun.

Anda bisa mengonsumsi air hangat setelah mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan. Air hangat dipercaya bisa membantu mengaktifkan sistem pencernaan dan memecah lemak, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, minum banyak air hangat juga mampu mencegah dehidrasi. Ini membuat usus tidak akan menyerap air dari makanan tersebut (gorengan), sehingga risiko sembelit atau susah BAB dapat dihindari.

4. Sayur dan Buah

Kalau bicara soal makanan untuk menetralkan lemak, sayur dan buah tidak mungkin luput untuk disebut.

Kaya akan vitamin dan mineral plus kandungan seratnya yang tinggi menjadikan sayur dan buah sebagai makanan tersehat yang bisa Anda konsumsi.

Hal itu pun disetujui oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD. Menurutnya, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah memang baik untuk kesehatan jantung dan saluran cerna.

Tak mesti salad, Anda bisa membuat tumis sayur atau sup sayur bening. Untuk buahnya, Anda bisa jadikan sebagai rujak biar bisa disantap bersama-sama.

5. Asupan Mengandung Probiotik

Sehabis makan banyak gorengan, Anda juga bisa mengonsumsi sesuatu yang mengandung probiotik, seperti yoghurt atau kimchi.

Bakteri baik dalam makanan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran cerna, memperkuat struktur dinding mukosa usus, sekaligus menurunkan kolesterol tinggi dan berat badan.

Untuk manfaat yang lebih optimal, makanan mengandung probiotik dapat Anda konsumsi secara rutin dan teratur.

6. Teh Jahe

Dalam Annals of New York Academy of Science, jahe bisa mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak.

Bonusnya, jahe juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis alias penumpukkan lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Air Kelapa

Air kelapa sangat bagus untuk menjaga metabolisme tubuh, karena dapat memengaruhi kadar leptin yang merupakan hormon pengatur berat badan, metabolisme, dan reproduksi.

Ketika Anda minum air kelapa setelah makan gorengan dalam jumlah banyak, ini bisa membantu metabolisme tubuh tetap berjalan baik.

Dengan demikian, lemak tidak akan menumpuk di perut dan risiko peradangan kronis juga menjadi lebih rendah.

Setelah itu, jangan lupa lakukan aktivitas ringan atau berolahraga.(klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler