7 Hobi yang Bisa Menjauhkan Anda Dari Depresi

Senin, 07 Agustus 2017 – 22:31 WIB
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com - Depresi dan kecemasan adalah hal yang berbeda. Cemas itu sendiri adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak menyenangkan akibat kekacauan batin.

Sementara depresi adalah kondisi kronis di mana seseorang terus-menerus merasa sedih ataupun putus asa. Namun, biasanya orang yang sedang depresi akan mengalami rasa cemas berlebihan, seperti perasaan gelisah, mudah marah, sulit tidur dan susah fokus.

BACA JUGA: Depresi, Satu Calon Jemaah Haji Dipulangkan

Perasaan cemas maupun depresi sama-sama sangat menguras energi, bahkan bisa membuat Anda kehilangan semangat untuk menjalani hidup.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa cemas, apalagi depresi. Tapi Anda tetap harus memutar otak untuk mencari cara mengatasinya agar perasaan negatif tersebut tidak semakin menjadi-jadi sehingga mengganggu aktivitas atau bahkan kesehatan Anda.

BACA JUGA: Cara ini Bisa Mencegah Depresi Setelah Melahirkan

Nah, berikut ini ada beberapa hobi yang bisa mencegah kecemasan dan depresi, seperti dilansir laman Care2, Minggu (6/8).

1. Bermain video game

BACA JUGA: Ya Ampun, Aktris Cantik Ini Sempat Depresi Berat saat Hamil

Gamer dan penulis Jane McGonigal menyebut game merupakan "lawan neurologis dari depresi" karena bermain game bisa mengaktifkan bagian otak yang biasanya tidak bisa diaktifkan saat Anda tengah mengalami depresi yang terkait dengan motivasi, pembelajaran dan orientasi tujuan.

Dan Anda tidak perlu menjadi gamer untuk mendapatkan keuntungan jika permainan yang panjang dan kompleks bukanlah game yang Anda kuasai, pikirkanlah permainan yang sederhana.

Game video kasual yang menyenangkan dan mudah dimainkan bisa mengatasi mood dan mengurangi stres.

2. Kerja relawan

Anda bisa membantu diri Anda sendiri dengan membantu orang lain. Tidak hanya kerja sukarela (volunteer) bisa mengatasi masalah kesehatan fisik, penelitian menunjukkan bahwa menjadi volunteer bisa mengatasi depresi dan kecemasan, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Menari

Penelitian menemukan bahwa menari menguntungkan modulasi konsentrasi serotonin dan dopamin, memperbaiki mood pada orang dengan depresi ringan.

4. Berkebun

Penelitian menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, berkebun bisa menurunkan tingkat keparahan depresi dan mengurangi ruminasi, suatu kecenderungan untuk berulang kali memikirkan hal-hal yang mengganggu Anda.

Bahkan memelihara tanaman dan bunga di sekitar lingkungan rumah Anda bisa menurunkan kecemasan, meningkatkan relaksasi, mengurangi tingkat stres yang dirasakan dan mengurangi kesempatan Anda menderita depresi terkait stres.

5. Bermain instrumen

Anda mungkin telah memperhatikan efek yang sangat besar dalam mendengarkan musik pada suasana hati Anda.

Memainkan instrumen juga membuat dampak yang besar. Sebuah studi tentang orang dewasa yang lebih tua dan mengambil pelajaran piano menemukan bahwa membaca musik dan memainkan alat musik mengalami penurunan depresi, menyebabkan suasana hati positif dan meningkatkan kualitas hidup psikologis dan fisik.

6. Hiking

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa hanya berada di luar ruangan dan di alam memiliki banyak manfaat kesehatan mental.

Lingkungan hutan mempromosikan konsentrasi kortisol yang lebih rendah, denyut nadi rendah, tekanan darah rendah, aktivitas saraf parasimpatis yang lebih besar dan aktivitas saraf simpatik yang lebih rendah, menurut eksperimen yang dilakukan di 24 hutan di seluruh Jepang.

7. Olahraga

Periset mengatakan bahwa berjalan kaki 10 menit hingga 45 menit bisa meningkatkan suasana hati yang tertekan.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa olahraga teratur bisa sama efektifnya dengan pengobatan untuk mengurangi gejala kecemasan dan depresi pada beberapa orang.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pamit ke ATM tapi tak Kunjung Pulang, Motor di Tepi Telaga, ya Ampun!


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler