7 Khasiat Air Rebusan Daun Serai Campur Madu, Bikin Berbagai Penyakit Ini Ambrol

Kamis, 23 Maret 2023 – 04:01 WIB
Ilustrasi teh serai. Foto: hem46

jpnn.com, JAKARTA - SERAI dan daunnya merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah rasa dan aroma beberapa hidangan gurih.

Daun serai tidak hanya sering digunakan untuk menambah rasa dan aroma hidangan gurih, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 4 Manfaat Daun Serai, Nomor 3 Bikin Wanita Senang

Perlu diketahui, bahwa daun serai mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Selain itu, daun serai juga mengandung senyawa khas tanaman atau fitonutrien.

BACA JUGA: Cetak Gol Penalti di Akhir Laga, Beto Jadi Pahlawan Penyelamat Madura United dari Kekalahan

Madu sudah tidak perlu lagi diragukan khasiatnya sebagai salah satu herbal yang memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Jika kedua herbal ini dikonsumsi dalam bentuk air rebusan, Anda tidak akan menyesal.

BACA JUGA: 6 Manfaat Alpukat, Cegah Timbulnya Penyakit Mematikan Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengurangi kecemasan

Manfaat mengonsumsi air rebusan serai campur madu ternyata juga bisa menenangkan pikiran.

Pasalnya, serai memiliki kandungan fitonutrien lonalol, geraniol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, psimen, limonen, cisosimen, terpinol, sitronelal, borneol, dan farsenol.

Aroma serai akan mengaktifkan gelombang alfa di otak yang bisa membuat Anda lebih santai.

2. Membantu detoks tubuh

Salah satu manfaat mengonsumsi serai campur madu, yaitu bisa membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Melakukan detoksifikasi dengan air rebusan serai bisa membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.

Selain itu, manfaat mengonsumsi teh serai juga bisa melancarkan buang air kecil, karena peran kandungan fitonutrien bernama citral.

3. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat mengonsumsi air rebusan serai campur madu ternyata ampuh untuk menangkal radikal bebas.

Pasalnya, air rebusan serai campur madu mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, seperti quercetin dan rutin.

Antioksidan berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker.

4. Mencegah kenaikan kolesterol

Manfaat mengonsumsi air rebusan serai campur madu ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Menurut penelitian, bahwa manfaat air rebusan serai itu berasal dari senyawa saponin, sterol, dan fenolik yang bisa menurunkan kadar lemak di dalam darah berlebih.

5. Menurunkan risiko infeksi

Salah satu manfaat air rebusan daun serai bisa mengurangi risiko infeksi karena bersifat antimikroba.

Pasalnya, daun serai ini mengandung minyak esensial yang bisa melawan bakteri dan jamur, seperti Bacillus cereus, Escherichia coli, P. aeruginosa, Klebsiella pneumoniae, Candida albicans, and Staphylococcus aureus.

Selain itu, manfaat lainnya berasal dari senyawa fenol, aldehida, dan citral yang bisa menghambat bakteri dan jamur di atas menurunkan risiko infeksi kulit menular, pencernaan, hingga infeksi saluran kencing (ISK).

6. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat serai bisa menimbulkan efek diuretik, yaitu merangsang organ ginjal untuk meningkatkan produksi urine dari biasanya.

Perlu diketahui, bahwa buang air kecil ternyata bisa membuang kadar natrium berlebih yang memicu hipertensi. Jadi, tekanan darah pun dapat terkendali.

7. Mengontrol gula darah

Manfaat mengonsumsi air rebusan serai juga berpotensi mencegah kenaikan gula darah berlebih.

Studi terbitan Evidence-based Complementary and Alternative Medicine (2021) mengamati tikus yang diberi minum minyak esensial rempah ini bisa menurunkan kadar gula darah dan lemak dalam darah.

Pasalnya, manfaat tersebut berasal dari kandungan citronellal yang memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dari gula darah.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
daun serai   Madu   penyakit   Kecemasan  

Terpopuler