7 Khasiat Terong yang Jarang Diketahui

Senin, 13 April 2020 – 11:27 WIB
Terong. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Selama ini terong jarang sekali dilihat sebagai sumber makanan bergizi. Padahal, manfaat terong begitu beragam, mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai membuat kulit bersinar alami.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (12/4).

BACA JUGA: 9 Manfaat Terong Belanda, dari Penurun Berat Badan Hingga Cegah Kanker

1. Mengurangi Risiko Kanker

Ekstrak yang ditemukan di kulit terong kaya akan solasodine rhamnosyl glikosida (SRGs). Senyawa ini memiliki sifat melawan kanker dan bisa membantu mengobati kanker kulit.

BACA JUGA: 7 Makanan Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung

2. Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif

Fitonutrien dalam terong bisa melindungi membran sel otak dari kerusakan. Mereka juga bisa memfasilitasi transfer pesan dari satu sel ke sel lainnya, sehingga menjaga fungsi memori.

BACA JUGA: Ladies, ini 4 Cara Mencegah Penyakit Jantung

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Terong memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Ini membuatnya ideal untuk orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur kenyal sayur memfasilitasi karakteristik ini. Karenanya, Anda harus mengonsumsi terong dalam bentuk alami sebanyak mungkin.

Sayuran ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat membuat Anda kenyang dan bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Mempromosikan Kesehatan Mata

Terong kaya akan lutein. Antioksidan bisa mencegah degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan.

Diperlukan lebih banyak penelitian jangka panjang untuk memahami potensi efek penglihatan-terong pada manusia.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Terong bisa membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Sayuran ini mengandung nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan kalium yang membantu meningkatkan kekuatan tulang.

6. Membantu Mengobati Anemia

Terong mengandung sekitar 0,2 mg zat besi per 100 gram. Sayuran bernutrisi ini juga kaya akan tembaga (sekitar 0,173 mg dalam 100 gram).

Kedua mineral ini bekerja bersama secara efektif untuk membantu produksi dan distribusi sel darah merah yang tepat, sehingga meningkatkan energi dan kadar hemoglobin.

7. Mencegah Cacat Lahir

Terong mengandung asam folat yang sangat penting bagi wanita hamil.

Asupan makanan kaya asam folat bisa membantu mencegah cacat lahir. Defisiensi folat menyebabkan kelainan pada ibu dan janin.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler