7 Langkah ini Bisa Bantu Anda Belajar Meditasi, Dalam 10 Menit

Selasa, 26 April 2016 – 17:31 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - MENCOBA melakukan editasi, susah-susah gampang. Meditasi dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan keharmonisan perkawinan dan mengurangi stres.

Untuk memulai belajar meditasi pertama kalinya, Anda bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini, seperti dilansir laman Today, Senin (25/4).

BACA JUGA: Tips Hadapi Bos Narsis di Kantor

1. Cari tempat untuk bermeditasi.

Duduk dengan nyaman di kursi dengan tangan di pangkuan Anda atau di atas lutut Anda. Menjaga punggung tetap lurus. Leher Anda harus rileks.

BACA JUGA: Tips Bercinta agar Makin Hot Pasca Kelahiran Sang Bayi

2. Tarik napas dalam-dalam.

Mencoba bernapas dalam melalui hidung dan keluar melalui mulut. Pada pernafasan terakhir, biarkan mata Anda pelan-pelan tertutup.

BACA JUGA: 5 hal ini Bisa Memicu Kejang

3. Check-in.

Ambil beberapa waktu untuk menyatu dengan tubuh Anda. Dengan lembut mengamati postur tubuh dan perhatikan sensasi saat tubuh Anda menyentuh kursi dan kaki menyentuh lantai.

Rasakan berat lengan dan tangan bertumpu pada kaki Anda. Perhatikan apa pun yang Anda bisa cium, mendengar atau merasakan, sensasi panas atau dingin.

4. Pindai tubuh Anda.

Perlahan-lahan mengubah pikiran Anda ke dalam. Memindai tubuh Anda dari kepala sampai kaki, mengamati setiap ketegangan atau ketidaknyamanan. Jangan mencoba mengubah apa yang Anda temukan. Ambil sekitar 20 detik untuk setiap scan.

Kemudian, perhatikan pikiran yang muncul tanpa mencoba untuk mengubahnya. Dengan lembut perhatikan suasana hati Anda tanpa penghakiman.

5. Amati pernafasan.

Membawa perhatian kepada pernapasan Anda. Jangan melakukan usaha apa pun untuk mengubahnya, hanya mengamati naik dan turunnya sensasi yang diciptakan dalam tubuh. Perhatikan di mana sensasi ini terjadi, baik itu perut, dada, bahu atau di mana pun.

Untuk beberapa saat, fokus pada kualitas setiap napas, apakah itu dalam atau dangkal, panjang atau pendek, cepat atau lambat.

Selanjutnya, mulailah diam-diam menghitung napas: satu saat Anda menarik napas, dua seperti Anda menghembuskan napas, tiga tarik napas berikutnya dan seterusnya, hingga hitungan sepuluh. Kemudian mulai lagi pada tahap awal.

Jangan terburu-buru bernapas dan lanjutkan dengan kecepatan dan irama sendiri.

6. Biarkan pikiran Anda untuk bebas.

Menghabiskan 20-30 detik hanya duduk. Anda mungkin menemukan diri Anda dibanjiri dengan pikiran dan rencana atau merasa tenang dan fokus.

7. Siapkan untuk menyelesaikan meditasi.

Menyadari sekali lagi, apa yang Anda rasakan. Dari kursi di bawah, di mana kaki Anda melakukan kontak dengan lantai, lengan dan tangan di pangkuan Anda. Serta melihat sesuatu yang Anda bisa dengar, bau atau rasakan.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Trik Cegah Anak Kecanduan Main Game


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler